8 Provokator Pembakaran Polsek Candipuro Dibekuk, Kapolda: Kami Akan Cari Akar Permasalahannya

Rabu, 19 Mei 2021 - 18:09 WIB
loading...
8 Provokator Pembakaran Polsek Candipuro Dibekuk, Kapolda: Kami Akan Cari Akar Permasalahannya
Polda Lampung telah membekuk 8 orang yang diduga menjadi provokator pembakaran Polsek Candipuro, Lampung Selatan. Polisi akan mencari akar permasalahannya. Foto/Antara/Dian Hadiyatna
A A A
LAMPUNG SELATAN - Polda Lampung telah membekuk 8 orang yang diduga menjadi provokator aksi pembakaran Polsek Candipuro, Lampung Selatan.

Baca juga: Mencekam, Puluhan Aparat Bersenjata Lengkap Bersiaga Usai Pembakaran Polsek Candipuro

"Kami akan cari akar permasalahannya, kenapa mereka membakar polsek itu, sekarang baru delapan orang yang sudah diamankan dari kejadian semalam," kata Kapolda Lampung, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Kesal Aksi Begal Banyak Terjadi, Mapolsek Candipuro Lampung Dibakar Massa

Hendro menegaskan, petugas akan terus mencari pelaku lainnya terkait perusakan dan pembakaran Polsek Candipuro guna mempertanggungjawabkan perbuatan mereka. Kemudian, pihaknya pun akan mendalami kejadian tersebut.

"Semua tindak pidana pasti ada tersangkanya, kalau sampai merusak fasilitas negara itu juga kan sama merusak fasilitas publik, kami akan cari perusak polsek itu. Kami tanya apa alasannya merusak itu, karena bisa jadi yang memprovokasi itu merupakan pelaku pidana itu sendiri," tandasnya.

Kapolda mengatakan akan segera memperbaiki Mapolsek Candipuro sehingga pelayanan publik di wilayah itu dapat berjalan kembali. "Secepatnya diperbaiki agar pelayanan publik berjalan kembali," katanya lagi.

Terkaik kasus ini, dia mengimbau masyarakat untuk bersabar dan tidak mudah terprovokasi. Sebab semua masalah dapat diselesaikan dengan komunikasi yang baik.

"Kalau masalahnya karena daerahnya rawan begal dan maling, itu bukan tugas polisi saja, tapi tugas bersama sebagai masyarakat untuk mengamankannya. Kalau tanpa ada kerja sama masyarakat hanya menuntut dari tugas polisi saja, kan itu tidak mungkin. Maka mari kita bersama menjaga daerah ini agar lebih aman," tegasnya.

Sementara Kapolres Lampung Selatan AKBP Zaky Alkazar Nasution mengungkapkan pihaknya akan terus melakukan pendalaman terkait peristiwa pembakaran Polsek Candipuro.

"Kami sudah amankan delapan orang dan pasti akan kami dalami. Kalau memang nanti ada oknum lainnya akan kami tangkap juga. Sesuai arahan Kapolda, mereka akan kami tindak tegas," katanya.

Pantauan di lokasi, kondisi sekitar Polsek Candipuro sudah kondusif dan dijaga oleh sejumlah aparat kepolisian. Hal ini setelah pada Selasa 18 Mei 2021 malam, massa mengepung Mapolsek dan melakukan perusakan sarana dan prasarana serta pembakaran di beberapa bagian bangunan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1166 seconds (0.1#10.140)