Ingin Bangkit dari Pandemi, Pedagang Pasar Baru Bandung Ekspansi ke Digital Market

Jum'at, 07 Mei 2021 - 11:17 WIB
loading...
Ingin Bangkit dari Pandemi, Pedagang Pasar Baru Bandung Ekspansi ke Digital Market
Direktur Utama PT Jasa Sarana, Hanif Mantiq (tengah) menunjukkan aplikasi Etapasbar.id dalam rangka mendorong kebangkitan Pasar Baru Bandung. Foto/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Ribuan pedagang Pasar Baru Bandung mulai fokus merambah pasar digital (digital market) untuk memperluas pemasaran sekaligus bangkit dari pandemi COVID-19 yang sempat membuat mereka terpuruk.

Langkah ekspansi lewat transaksi digital di pusat grosir terbesar dan termurah di Jawa Barat itu terbentuk lewat kolaborasi antara PT Jabar Telematika yang merupakan Anak Usaha BUMD Jabar, PT Jasa Sarana bersama Etapasbar.id dan bank BJB.

Kolaborasi melahirkan aplikasi marketplace Etapasbar.id atau Etalase Pasar Baru Bandung, yang merupakan platform penjualan online untuk memudahkan para pedagang Pasar Baru Bandung dalam bertransaksi di era e-commerce.

Direktur Utama PT Jasa Sarana, Hanif Mantiq mengatakan, aplikasi yang sudah dapat diunduh di Google Play tersebut sangat berguna untuk pedagang Pasar Baru Bandung dalam mengembangkan usahanya, termasuk mendongkrak daya saing di era pasar digital.

"Aplikasi ini hadirdari hasil kreativitas para pedagang Pasar Baru. Mereka bikin aplikasi supaya bisa membantu penjualan di tengah pandemi. Kami memiliki pesan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membantu sebisa mungkin di era pandemi ini melalui transformasi digital," tutur Hanif dalam peluncuran Etapasbar.id di Kantor PT Jasa Sarana, Jalan Banda, Kota Bandung, Kamis (7/5/2021) malam.

Lebih lanjut Hanif mengatakan, ekonomi digital termasuk leading sector yang diprioritaskan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19. Kolaborasi tersebut, kata Hanif, diharapkan bisa menjadi momentum bagi para pedagang Pasar Baru Bandung untuk kembali bangkit setelah terpuruk akibat pandemi.

Masih di tempat yang sama, Direktur Utama PT Jabar Telematika, Feizal Rachman berharap, platform ini pun mampu menjembatani para pedagang konvensional masuk ke pasar digital yang lebih luas melalui Etapasbar.id. PT Jabar Telematika pun, kata dia, tengah fokus berevolusi ke dunia teknologi informasi dengan melahirkan divisi khusus di bidang ini.

"Etapasbar.id ini menjadi aplikasi yang mendukung transformasi digital UMKM Jawa Barat, khususnya yang berada di Pasar Baru. Hadirnya aplikasi marketplace Etapasbar.id dapat membantu memudahkan pembeli untuk mendapatkan barang-barang tanpa harus keluar rumah," Jelasnya.

Feizal menambahkan, peran Jabar Telematika sebagai penyedia platform ready to use apps dapat membantu transformasi digital para pelaku UMKM, khususnya di Jabar. Kerja sama melalui platform marketplace ini dapat diterapkan ke pasar-pasar lainnya di Jabar untuk membantu transformasi digital.

Metode pembayaran Etapasbar.id ini didukung oleh Bank Jabar Banten (bank bib) melalui e-chanel (QRIS, Digicash, Virtual Account, Direct Transfer) yang dikembangkan secara bertahap. Ke depan, Divisi RND Jabar Telematika (JaIT) dapat juga menyalurkan ready to use apps pada beberapa bidang lainnya, di antaranya pendidikan, kesehatan, dan retail.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4852 seconds (0.1#10.140)