PWNU Jawa Timur Berencana Bangun NU Center di Gresik

loading...
PWNU Jawa Timur Berencana Bangun NU Center di Gresik
Bupati Gresik H Fandi Akhmad Yani menyerahkan simbolis ke Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar, Selasa (4/5/2021) malam. Foto/SINDOnews/ashadi ik
GRESIK - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama ( PWNU ) Jawa Timur (Jatim) berencana membangun NU Center yang berlokasi di Kabupaten Gresik. NU Center akan bertempat di Gresik dan terdiri atas masjid raya serta Islamic Tower yang dapat digunakan sebagai gedung multifungsi.

Ketua PWNU Jatim KH. Marzuki Mustamar menyampaikan, target donasi pembangunan NU Center kurang lebih sebesar Rp20 miliar. Luas bangunan dan properti mencapai 3 hektar dengan 2.000-3.000 meter tanah akan diwakafkan sebagai makam para ulama, pengurus NU, serta donatur.

Baca juga: Dengan Tangan Kosong, Pria Ini Selamatkan Perawat Cantik yang Dibakar Orang Tak Dikenal

"Targetnya, NU Center ini akan jadi sebelum peringatan 100 tahun NU pada 2023 mendatang. Mudah-mudahan komitmen dan kesungguhan kita ini memberi manfaat untuk umat dan negara," katanya, Rabu (5/5/2021).

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mendukung pembangunan NU Center. Pemprov Jatim, kata dia, telah berdiskusi dengan segenap pihak untuk mensukseskan pendirian NU Center. Sebab, menurutnya, NU merupakan salah satu elemen yang ikut berjuang untuk bangsa dan kedaulatan NKRI.



Baca juga: Jatim 10 Terbaik Provinsi Perencanaan Pembangunan Daerah, Khofifah: Berkat Sinergitas dan Harmonisasi

"Meski begitu, bangunan tersebut nantinya tidak hanya akan dibangun dengan anggaran negara saja. Tapi juga dengan donasi seluruh warga NU dari lapisan yang paling bawah," jelasnya.

Lebih lanjut Emil menyampaikan, sosialisasi donasi itu akan dilakukan melalui masjid-masjid NU se-Jatim. Termasuk sosialisasi di sekolah-sekolah NU, mulai dari tingkat MI, MTs hingga MA.

Rencananya, semua donatur akan diberikan satu Kupon Berkah untuk setiap Rp50.000 donasi. Sedang mereka yang menyumbang Rp5 juta akan mendapatkan 100 kupon. "Begitu seterusnya untuk kelipatan selanjutnya," jelasnya.
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top