Dentuman Misterius Terdengar Lagi, Kodam Siliwangi Lakukan Pengecekan

Jum'at, 22 Mei 2020 - 13:40 WIB
loading...
Dentuman Misterius Terdengar Lagi, Kodam Siliwangi Lakukan Pengecekan
Foto/ilustrasi.ist
A A A
BANDUNG - Suara dentuman kembali terdengar di kawasan Bandung Raya pada Jumat (22/5/2020) pagi. Sama seperti pada Kamis (21/5/2020), dentuman itu terdengar beberapa kali antara pukul 08.00-09.00 WIB dan berdurasi singkat.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) III/Siliwangi Kolonel FX Sri Wellyanto memgatakan, Kodam III/Siliwangi tengah mengecek asal dan penyebab suara dentuman yang terdengar masyarakat Bandung Raya. "Kami (Kodam Siliwangi) sedang mengecek (asal dan penyebab suara dentuman)," kata Wellyanto, Jumat (22/5/2020).

(Baca: Warga Bandung Heboh Dengar Suara Dentuman Misterius di Pagi Hari)

Sementara itu, Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Sulaiman Kapten TNI Roslina memastikan suara dentuman misterius itu tak terkait dengan aktivitas di Lanud Sulaiman yang merupakan lokasi latihan prajurit TNI AU dan Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU. Sebab, sejak wabah Corona atau COVID-19 merebak, tidak ada kegiatan latihan apa pun di Lanud Sulaiman yang berlokasi di kawasan Kopo, Bandung ini.

Begitu juga, kata Roslina, tidak ada latihan menggunakan pesawat tempur supersonik yang dapat menimbulkan suara dentuman di udara. ”Di Lanud Sulaiman gak ada kegiatan. Semua off... (akibat wabah) Corona,” kata Roslina saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Sampai saat ini belum ada konfirmasi memuaskan terkait asal dan penyebab dentuman misterius itu. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memastikan hari ini cuaca cerah berawan pagi hingga siang. Tak ada satu daerah di kawasan Bandung Raya yang dilanda hujan lebat disertai petir.

(Baca: PVMBG: Suara Dentuman Misterius di Bandung Bukan karena Aktivitas Vulkanik)

SedangkanPusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan, tak ada satu pun gunung api di sekitar Bandung Raya yang erupsi. PVMBG memastikan suara dentuman tersebut bukan berasal dari aktivitas vulkanik.

"Sampai hari ini tidak dilaporkan adanya erupai gunung api di sekitar Kota Bandung, baik Gunung Tangkubanparahu, Guntur, maupun Gunung Gede. Begitu juga di kawasan Bandung selatan tidak ada aktivitas gunung api. Dengan demikian, dentuman yang banyak dibicarakan bukan berasal dari aktivitas vulkanik atau erupsi gunung api," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi Hendra Gunawan.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2572 seconds (0.1#10.140)