Pangdam Siliwangi yang Tembus Bintang 4, 3 Nama Melesat Jadi Panglima TNI

Minggu, 06 Oktober 2024 - 09:10 WIB
loading...
Pangdam Siliwangi yang...
Dalam dunia militer Indonesia, Kodam III/Siliwangi telah melahirkan sejumlah jenderal bintang empat yang mengukir prestasi gemilang. Foto/SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
BANDUNG - Dalam dunia militer Indonesia, Kodam III/Siliwangi telah melahirkan sejumlah jenderal bintang empat yang mengukir prestasi gemilang. Enam mantan Pangdam Siliwangi ini tidak hanya berhasil menembus pangkat tertinggi di Angkatan Darat tetapi juga mengisi posisi strategis di TNI, termasuk menjadi Panglima TNI.

Dari Jenderal Agus Subiyanto yang terakhir meraih bintang empat hingga Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution, sosok pertama yang memimpin Kodam Siliwangi, masing-masing memiliki kisah inspiratif dan rekam jejak yang mengesankan.



Pangdam Siliwangi terakhir yang kariernya menanjak hingga bintang empat adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto. Setelah Agus Subiyanto, belum ada lagi Pangdam Siliwangi yang berhasil menembus pangkat bintang empat.

Kini, dengan Mayjen TNI Dadang Arif Abdurahman di pucuk pimpinan, banyak yang bertanya-tanya apakah ia dapat mengikuti jejak pendahulunya untuk menembus pangkat bintang empat? Mari kita telusuri jejak enam Pangdam Siliwangi yang berhasil menembus batas dan mengukir sejarah di angkatan bersenjata.

Daftar Pangdam Siliwangi yang Tembus Bintang 4

1. Jenderal TNI Agus Subiyanto

Pangdam Siliwangi yang Tembus Bintang 4, 3 Nama Melesat Jadi Panglima TNI

Agus Subiyanto adalah Pangdam Siliwangi terakhir yang kariernya berhasil menjadi jenderal bintang. Janderal Agus Subiyanto masih aktif menjabat sebagai Panglima TNI saat ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta pada Rabu 22 November 2023. Agus menggantikan Panglima TNI sebelumnya yakni Laksamana TNI Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun.

Pelantikan Agus berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 102/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. Keppres tersebut ditetapkan di Jakarta pada tanggal 22 November 2023.

Sebulan sebelum diangkat menjadi Panglima, Agus Subiyanto dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada Rabu 25 Oktober 2023 menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun. Sebelum menjadi orang nomor satu di TNI AD, Agus Subiyanto menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad).

Agus Subiyanto merupakan abituren Akademi Militer (Akmil) tahun 1991. Agus kemudian mengikuti Kursus Dasar Kecabangan (Sussarcab) Infanteri Kopassus.

Lahir dari keluarga militer, Agus Subiyanto mengawali karier militernya sebagai Kasiops Sektor A di Timor Timur, kemudian menjadi Danyon 22 Grup 2 Kopassus, hingga menjadi Kepala Penerangan Kopassus. Agus Subiyanto kemudian mendapat promosi menjadi Dandim 0735/Surakarta (2009-2011) saat Presiden Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2570 seconds (0.1#10.140)