Final PTQ Nasional Didominasi Kalangan Milenial

Minggu, 02 Mei 2021 - 05:21 WIB
loading...
Final PTQ Nasional Didominasi Kalangan Milenial
Final PTQ Nasional Didominasi Kalangan Milenial. Foto/Dede Feb
A A A
PALEMBANG - Lembaga Penyiaran Publik Radio Repubik Indonesia (LPP-RRI) tahun ini kembali menyelenggarakan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Tingkat Nasional yang babak finalnya digelar di Palembang mulai tangga 1 hingga 4 Mei 2021.

Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha LPP RRI, Anhar Achmad mengatakan, meski pelaksanaan PTQ tahun ini masih ditengah pandemi COVID-19, namun peserta yang mendaftar jumlahnya meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya diikuti 2.000, tahun ini sebanyak 2.500 orang.

"Dari catatan panitia, dari tahun ke tahun, pesertanya yang tampil lebih banyak didominasi usia muda, karenanya di tahun ini Panitia PTQ mengambil tema melalui PTQ RRI Kita Tingkatkan Nilai-Nilai Alqur’an Untuk Membangun Spirit Generasi Muslim Milenial Menuju SDM Unggul Indonesia Maju," ujar Anhar, Sabtu (1/5/2021).

Terkait dampak dari Pandemi COVID-19, lanjut Anhar, pada penyelenggaraan PTQ Palembang ini pihaknya untuk pertama kalinya memanfaatkan perkembangan teknologi dengan menggelar babak penyisihan secara virtual.

Selain itu, kata Anhar, pemanfaatan teknologi ini juga mempermudah pelayanan terhadap peserta dan sebagai fungsi public service radio, dimana PTQ RRI tersedia dalam fitur dan aplikasi pada rri.co.id dan PPID LPP RRI yang dilaksanakan oleh 65 Satuan Kerja RRI dan 17 Korwil di Indonesia secara serentak mulai 1 Ramadhan atau tanggal 13 April 2021.

"Bukan saja melakukan babak kualifikasi secara virtual, pada pelaksanaan babak final juga kami memberlakukan Protokol Kesehatan ketat yang wajib dipenuhi persyaratannya oleh para peserta, panitia dan para undangan, diantaranya menyerahkan surat bebas COVID-19, penggunaan masker, penyediaan tempat pencucian tangan dan disinfektan serta menjaga jarak/menghindari kerumunan", jelas Anhar.

Lanjut dia, satu perkembangan baik lainnya pada pelaksanaan PTQ tahun ini adalah pertama kalinya LPP RRI bekerjasama dengan Kementrian Agama.

"Mulai tahun ini PTQ LPP RRI bukan saja memberikan trophy dan hadiah uang Rp20 juta, tetapi juga memberikan piala bergilir dan piala tetap dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas," ujarnya.

Baca juga: Manajer Kimia Farma Otak Kasus Antigen Bekas Ternyata Bersaudara dengan 3 Tersangka Lainnya

Sementara itu Ketua Panitia PTQ Tahun 2021, Syarifudin mengatakan, untuk penjurian tergabung dalam Dewan Hakim pada PTQ yang telah dikukuhkan atau diambil sumpahnya secara resmi oleh Kementrian Agama RI melalui Dirjen Bimas Islam selaku Ketua LPTQ Nasional.

Baca juga: Aksi Sadis Pembunuh Bayaran Ini Berakhir Setelah Ditembak Tim Anti Bandit

"Untuk itu kami ucapkan terimakasih, karena upaya ini membuat keputusan dewan juri menjadi lebih netral dan independen," ungkap dia.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1408 seconds (0.1#10.140)