Dongkrak Kunjungan Wisata, Alumni Unusa Hadirkan Aplikasi Lokania

Sabtu, 01 Mei 2021 - 16:45 WIB
loading...
Dongkrak Kunjungan Wisata, Alumni Unusa Hadirkan Aplikasi Lokania
Mas Syahdan Filsafan, menunjukkan aplikasi wisata Lokania. Foto/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Pandemi COVID-19 berkepanjangan cukup memukul industri pariwisata . Saat ini, upaya untuk membangkitkan pariwisata dengan konsep new normal terus digeber. Termasuk adanya rogram CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Merespon kebijakan dan kebangkitan industri pariwisata, alumni Program Studi (Prodi) S1 Sistem Informasi (SI) Unusa, Mas Syahdan Filsafan, bersama tiga orang temannya yakni Mochamad Arifin, Yusnida Situmorang dan Lathifatul Afifa, membuat start up bernama Lokania. Keempat orang ini sebagai pelopor berdirinya start up Lokania. Sebuah aplikasi untuk mendongkrak industri pariwisata.

Baca juga: Lima Anggota Polrestabes Surabaya Diduga Pesta Narkoba, Kapolda Jatim Marah Besar

Alumni lulusan tahun 2020 ini menjelaskan, Lokania merupakan aplikasi untuk memesan tiket wisata hingga memesan hotel. Aplikasi ini dibuat sejak bulan Januari 2021, hingga saat ini masih terus dilakukan penyempurnaan.

"Aplikasi sudah bisa digunakan, banyak masyarakat yang menggunakan aplikasi ini melalui web maupun download di Play Store," jelas Syahdan, Sabtu (1/5).

Selain itu, Aplikasi ini membantu pihak travel ketika mengadakan acara perjalanan liburan. "Jadi memudahkan untuk mencari peserta trip perjalanan, lokania hanya menjembatani antara pihak travel dengan peserta trip," ungkapnya.

Baca juga: Gencar Lakukan Razia Hotel dan Kost Selama Ramadhan, Satpol PP Rembang Sebut Trennya Naik

Hingga kini, aplikasi Lokania sudah digunakan oleh lima ribu pengunjung web dan pengunduh di Play Store dengan rating sebesar 4,8 di Play store.

Kata dia, Lokania sudah bekerja sama dengan 80 hotel yang ada di Jawa Timur dan Jawa Barat. Selain itu, Lokania juga sudah bekerja sama dengan Pemkab Nganjuk untuk tempat wisata. "Jadi ada enam tempat wisata yang bisa diakses di Lokania," katanya.

Dengan membuat Lokania, Syahdan membuktikan jika lulusan Unusa bisa bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya. "Selain itu, semoga banyak mahasiswa Unusa untuk mulai start up yang saat ini telah berkembang pesat di Indonesia," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)