6 Perawat di Palembang Diduga Diusir dari Kosnya karena Corona

Minggu, 19 April 2020 - 16:05 WIB
loading...
6 Perawat di Palembang Diduga Diusir dari Kosnya karena Corona
foto/SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Menyedihkan nasib yang dialami enam perawat yang bertugas di Rumah Sakit Siloam Palembang. Mereka diduga mendapat intimidasi dari oknum pihak Kelurahan Sungai Pangeran, Kecamatan Ilir Timur I, dan diusir dari tempat kosnya. Alasannya, satu di antara perawat itu terindikasi Covid-19.

Kabar dugaan pengusiran perawat ini pun sempat viral di masyarakat Kota Palembang setelah diunggah oleh sejumlah akun publik di Instagram. Menanggapi hal itu, Direktur Medik dan Pelayanan RS Siloam Palembang, dr. Anton Suwindro, membenarkan ada enam perawat yang kini dievakuasi untuk tinggal sementara di rumah sakit.

"Iya laporan yang saya terima, mereka ini tinggal di satu tempat kos yang sama," katanya, Minggu (19/4/2020). (B aca: Baru 10 Hari Bebas Berkat Corona, Pria di Sumsel Tewas Ditusuk Saat Tagih Utang )

Anton menjelaskan, memang beberapa hari lalu RS Siloam melakukan swab test internal ke semua tenaga medis, dan hasilnya ada beberapa di antara mereka yang terindikasi corona. Termasuk satu di antara enam perawat tersebut.

"Memang ada satu perawat yang kos di tempat itu terindikasi positif (corona) dan sudah diminta melakukan isolasi diri. Peristiwa itu sendiri terjadi Sabtu (18/4/2020) saat itu pemilik kos mereka menyampaikan pesan dari pihak kelurahan," jelas dr. Anton.

Ditambahkan Anton, pesan tersebut intinya meminta semua perawat yang kos di tempat itu melakukan isolasi mandiri dan tidak diperkenankan bekerja. Namun, jika ingin tetap bekerja maka untuk sementara agar tidak pulang dulu ke tempat kos mereka.

"Nah, dari sana mungkin terjadi miskomunikasi, sehingga masalah ini kemudian menyebar ke masyarakat sekitar daerah itu dan mereka diusir dari tempat kosnya,” katanya.

Dan saat ini para perawat itu sementara waktu sudah dievakuasi di rumah sakit, dan manajemen rumah sakit juga sudah mempersiapkan hotel untuk tempat tinggal mereka.

"Atas peristiwa ini kami juga menyampaikan agar masyarakat jangan menaruh stigma negatif terhadap tenaga medis maupun pasien yang terindikasi corona. Ubahlah dengan suatu hal yang positif, seperti saling memberikan dukungan dan mendoakan,” tambah dr. Anton.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, mengatakan telah meminta keterangan pihak kelurahan setempat terkait peristiwa tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)