Bandara Aminggaru Ilaga Ditutup Pasca Baku Tembak Satgas Nemangkawi dengan OPM

Selasa, 27 April 2021 - 21:27 WIB
loading...
Bandara Aminggaru Ilaga Ditutup Pasca Baku Tembak Satgas Nemangkawi dengan OPM
Bandara Aminggaru Ilaga di Kabupaten Puncak ditutup sementara, Selasa (27/4/2021) pasca baku tembak KKB atau yang lebih dikenal dengan TPNPB OPM dengan Satgas Nemangkawi. Foto saat evakuasi anggota Brimob/Ist
A A A
ILAGA - Bandara Aminggaru Ilaga di Kabupaten Puncak ditutup sementara, Selasa (27/4/2021) pasca baku tembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau yang lebih dikenal dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) dengan Satgas Nemangkawi . Penutupan dilakukan dengan keluarnya surat edaran Kepala UPBU Ilaga Herman Sujito yang ditujukan kepada para operator penerbangan.

Menindaklanjuti surat Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Timika, tentang giat ops Penegakan Hukum di UpBU Ilaga dan Ruang Udara Ilaga.

Baca: Markas OPM di Distrik Gome Ilaga Diserbu, 5 OPM Tewas Sisanya Lari Tunggang Langgang


Diimbau kepada para operator penerbangan utk menunda semua penerbangan dari dan ke Ilaga pada Selasa, 27 April 2021.

Kegiatan Penerbangan dapat dilakukan kembali pada hari Rabu, 28 April 2021. Surat edaran itu ditembuskan ke Kepala Kantor Otoritas Bandara Wil X Mke, Kepala UPBU Mozes Kilangin Timika, Kepala UPBU Douw Aturure Nabire, GM Airnav Cab Nabire, GM Airnav Cab Timika dan Kepala Unit Airnav Ilaga.

Sebelumnya baku tembak terjadi Selasa (27/4/2021) sekitar pukul 08.00 WIT di sekitar markas OPM Lumawi, Kampung Makki, Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Diperoleh informasi, lima angggota KKB yang Tewas ditembak oleh Satgas Nemangkawi berasal dari kelompok Lekagak Telenggen. Sementara satu anggota Brimob gugur dan dua lainnya terluka.

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol M Iqbal Al Qudussy membenarkan telah terjadi kontak tembak di Olenski Kampung Maki. "Benar sekira jam 08.00 WIT kita melakukan penyerbuan ke markas KKB di Olenski," kata Iqbal.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)