BI Sumsel Siapkan Rp3,15 Triliun Uang Pecahan untuk Lebaran

Sabtu, 24 April 2021 - 09:48 WIB
loading...
BI Sumsel Siapkan Rp3,15 Triliun Uang Pecahan untuk Lebaran
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyiapkan uang kartal senilai Rp9 triliun untuk kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini. Foto SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyiapkan uang kartal senilai Rp9 triliun untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini. Jumlah tersebut meningkat 6 persen dibandingkan periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun lalu sebesar Rp6,7 triliun.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumsel, Hari Widodo mengatakan, persiapan uang kartal sebesar Rp9 triliun tersebut juga termasuk untuk wilayah Provinsi Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung.

"Untuk kebutuhan di Sumsel dipersiapkan sekitar Rp3,15 triliun yang tersebar di 169 kantor cabang perbankan di Sumsel yang siap melayani penukaran uang pecahan hingga 11 Mei 2021 mendatang," ujar Hari Widodo, Sabtu (24/4/2021).

Untuk Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, Hari menyebutkan terdapat 28 perbankan umum yang bekerja sama dalam penyaluran uang pecahan ini. Setiap bank bisa mengajukan permintaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat."Tahun ini BI juga kembali tidak ada layanan penukaran uang pecahan menggunakan mobil keliling seperti tahun-tahun sebelumnya, semua dialihkan ke kantor cabang perbankan, jadi silakan untuk menukar di perbankan cabang terdekat," jelasnya.

Hari mengatakan, untuk mekanisme penukaran uang pecahan telah diatur oleh kantor cabang perbankan seperti layanan biasanya, hanya saja untuk penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan Rp75 ribu diharuskan membawa KTP dan selama persediaan masih ada."Uang pecahan kecil yaitu Rp 20 ribu ke bawah biasanya paling diminati masyarakat jelang lebaran, namun uang pecahan besar juga tinggi," kata Hari.

Hari menjelaskan, perbankan dipercaya menyalurkan uang pecahan ini karena dinilai sudah layak dalam penerapan protokol kesehatan COVID-19. "Beberapa perbankan juga menyiapkan tenda untuk masyarakat yang melakukan antre," jelasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3103 seconds (0.1#10.140)