Jaga Physical Distancing Corona, Pemkot Kediri Luncurkan Program SisBro

Senin, 13 April 2020 - 12:27 WIB
loading...
Jaga Physical Distancing Corona, Pemkot Kediri Luncurkan Program SisBro
Pemkot Kediri meluncurkan program SisBro untuk menjaga physical distancing musim Covid-19.Foto/ilustrasi
A A A
KEDIRI - Pemerintah Kota Kediri melalui RSUD Gambiran meluncurkan program pendaftaran online untuk melayani warga yang hendak melakukan rawat jalan termasuk memeriksakan diri terkait Covid-19.

Dengan sistem aplikasi yang bernama SisBro (Sistem Booking Rawat Jalan Online) tersebut, kebijakan Physical Distancing dalam rangka pencegahan wabah Corona ikut terjaga.

"Pasien tak harus datang ke rumah sakit untuk mendaftar, cukup melalui WhatsApp (WA)," ujar Fauzan Adima, Direktur RSUD Gambiran Kota Kediri dalam rilisnya Senin (13/4/2020).

Cukup via WA, dan itu berlaku sehari sebelum periksa, warga tidak perlu lagi duduk mengantri di rumah sakit. Mereka tinggal menghubungi
kontak WA SisBro di nomor 088217894000, dan melakukan chat dengan menulis “Daftar”.

Secara tekhnis, kata Fauzan prosesnya tidak rumit. Setelah menerima respon dari operator, pasien akan diminta menuliskan identitas dengan format #No Rekam Medis#Nama Pasien#Tujuan Poliklinik#Cara Bayar#Tanggal Booking. Contohnya: #343459#Budi Sutrisno#poli dalam#BPJS#14-4-2020.

Kemudian operator akan mengirimkan nomor antrean untuk keesokan hari. Dengan tahu nomor antrean, pasien bisa memperkirakan jam kedatangan agar tak terlalu lama menunggu di rumah sakit. “Besoknya tinggal menunjukkan WA tersebut ke petugas pendaftaran, "terang Fauzan Adima.

Sistem pendaftaran SisBro ini bisa dilakukan pada jam kerja rumah sakit, yakni Senin – Kamis jam 08.00 – 14.00 WIB, Jumat jam 08.00 – 13.00 WIB (untuk booking hari Senin). "Layanan ini hanya bisa dilakukan sehari sebelum tanggal pemeriksaan, "tambah Fauzan Adima.

Selain memudahkan pasien, pendaftaran secara online ini juga membuat proses layanan kesehatan di rumah sakit lebih cepat. Berbekal data yang dikirimkan pasien sehari sebelumnya, petugas bisa menyiapkan berkas rekam medis dan menyerahkan ke poli yang dituju. Karena itu layanan SisBro ini hanya bisa dilakukan oleh pasien lama yang telah memiliki nomor rekam medis.

Menurut Fauzan, dalam masa siaga Covid-19, RSUD Gambiran juga meniadakan jam kunjungan (bezuk) pasien yang menjalani rawat inap. Tercatat pada Maret 2020, bagian Poli Penyakit Dalam, Jantung, dan Rehabilitasi Medik paling banyak menerima pasien.

Dalam satu bulan terakhir jumlah pasien yang datang di atas 1.000 orang, terdiri dari Poli Rehab Medik (1.157 pasien), Poli Jantung (1.113 pasien), dan Poli Dalam (1.021 pasien).

Dengan mematuhi himbauan pemerintah, khususnya physical distancing, masyarakat, kata Fauzan juga ikut meringankan beban petugas medis di rumah sakit. "Mari kita bantu para tenaga medis dengan meminimalisir jumlah korban, "pungkasnya.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)