Alun-alun Kejaksan Cirebon Selesai Direvitalisasi, Ternyata Ini Komentar Ridwan Kamil

Kamis, 22 April 2021 - 14:42 WIB
loading...
Alun-alun Kejaksan Cirebon Selesai Direvitalisasi, Ternyata Ini Komentar Ridwan Kamil
ubernur Jabar, Ridwan Kamil saat meresmikan Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon, Rabu (21/4/2021). Foto/Humas Jabar
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengapresiasi Alun-alun Kejaksan, Kota Cirebon setelah selesai direvitalisasi. Bahkan, dia menilai, Alun-alun Kejaksaan kini sangat istimewa.

Apresiasi tersebut disampaikan Ridwan Kamil saat meresmikan pemanfaatan Alun-alun Kejaksaan, Kamis (21/4/2021). Menurutnya, seiring peresmian, warga Cirebon dan sekitarnya kini dapat menikmati ruang publik tersebut.

Baca juga: Geng Motor Mengamuk di Karawang, Belasan Orang Terluka Parah

"Secara resmiz proses pekerjaan revitalisasi Alun-alun Kejaksan telah selesai," tutur Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu dalam keterangan resminya, Kamis (22/4/2021)

Kang Emil melanjutkan, Alun-alun Kejaksan ini sangat istimewa. Pasalnya, sebelum revitalisasi hanya berupa lapangan yang kerap digunakan untuk wawancara.

Setelah direvitalisasi sejak 2019, kata Kang Emil, Alun-alun Kejaksan punya banyak hal istimewa. Salah satu keistimewaan ruang publik yang berada di Jalan Kartini tersebut, yakni adanya basement berkapasitas 70 mobil dan 120 motor.

Baca juga: Resmikan Alun-alun Majalengka, Ridwan Kamil Titip Pesan Ini

"Ini sangat istimewa dari berbagai hal. Pertama turut menyelesaikan kemacetan. Jadi, alun-alun ini menyatu dengan halaman masjid yang didesain secara modern, namun tetap mengangkat nilai lokal. Jadi, tidak ada kendaraan, hanya ada orang-orang yang lalu lalang bergembira dan beribadah," papar Kang Emil.

Di pintu utama alun-alun, lanjut Kang Emil, dibangun dua gapura besar khas bangunan keraton setinggi 15 meter. Karakteristik bangunan keraton berwarna merah bata nampak hadir di berbagai sudut alun-alun.

Sebagai dukungan untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Alun-alun Kejaksan juga memiliki shelter UMKM dan ekonomi kreatif. Kemudian, ada pameran kesenian dan micro library di bagian barat alun-alun.

Kang Emil meminta masyarakat merawat Alun-alun Kejaksan dengan menjaga kebersihan. Selain itu, karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19, Satpol PP diminta tegas apabila ada pelanggaran protokol kesehatan.

"Saya titip silakan dimanfaatkan jaga kebersihan dan disiplin protokol kesehatan, karena sudah diprediksi Cirebon ini akan penuh oleh wisatawan terlebih dengan hadirnya alun-alun ini," katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)