UKSW Salatiga Benarkan Paul Zhang Alumni, Kuliah di Fakultas Pertanian

Rabu, 21 April 2021 - 16:45 WIB
loading...
UKSW Salatiga Benarkan Paul Zhang Alumni, Kuliah di Fakultas Pertanian
Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah membenarkan Jozeph Paul Zhang atau Shindy Paul Soerjomoeljono merupakan alumni kampus tersebut. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
SALATIGA - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah membenarkan Jozeph Paul Zhang atau Shindy Paul Soerjomoeljono merupakan alumni kampus tersebut. UKSW sangat menyesalkan pernyataan alumni ulisan 1996 itu, yang dinilai mengandung muatan penistaan agama.

Baca juga: Pastikan WNI, Polri Tegaskan Jozeph Paul Zhang Wajib Ikuti Hukum Indonesia

Rektor UKSW Neil Samuel Rupidara menjelaskan, Jozeph Paul Zhang lulus dari Fakultas Pertanian (sekarang Fakultas Pertanian dan Bisnis) pada tahun 1996. Sempat melanjutkan pendidikan S2 Magister Manajemen, tetapi tidak selesai.

Baca juga: Jozeph Paul Zhang Ditetapkan Tersangka Penodaan Agama

"UKSW adalah lembaga yang menjunjung tinggi kebebasan berpikir dan berekspresi. Namun kami menilai, tindakannya menyampaikan pandangan pribadi, apalagi yang bersifat subjektif dan kontroversial di ruang digital publik, tanpa mempertimbangkan secara bijaksana konteks Indonesia sebagai negara majemuk menggambarkan ketiadaan sikap fairminded atau adil dalam dirinya," katanya, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Jozeph Paul Zhang Jadi Buronan Polisi, Gus Miftah: Katanya Nabi, Kok Main Petak Umpet?

Di sisi lain, UKSW memandang sikap pribadinya tidak kompatibel dengan wawasan almamaternya. Sejak awal berdiri hingga saat ini, UKSW adalah kampus yang mengembangkan ciri-ciri keberagaman komunitasnya, termasuk keragaman etnis dan juga agama. UKSW adalah kampus Indonesia Mini.

Dalam setting komunitas yang seperti itu, UKSW mendidik warga dan terutama mahasiswa-mahasiswanya untuk dapat berpikir dan bersikap peka dan toleran terhadap keragaman latar belakang. "Mahasiswa UKSW tidak dididik untuk mengekspresikan pandangannya dengan cara-cara yang dapat melukai orang lain," ucapnya.



Dalam interaksi-interaksi formal, non formal, maupun informal disetiap kegiatan pembelajaran dan pembinaan mahasiswa di kampus, mahasiswa UKSW dikondisikan untuk menyadari dan mengakui akan realitas kepelbagaian itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7153 seconds (0.1#10.140)