Perpustakaan yang Dikelola Kartar Patriot Probolinggo Terpilih Ikut Lomba Tingkat Jawa Timur

Rabu, 21 April 2021 - 00:15 WIB
loading...
Perpustakaan yang Dikelola Kartar Patriot Probolinggo Terpilih Ikut Lomba Tingkat Jawa Timur
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Probolinggo saat berkunjung ke perpustakaan Kartar Patriot sepekan lalu.Foto/ist
A A A
PROBOLINGGO - Karang Taruna (Kartar) Patriot Desa Brumbungan Lor, Probolinggo, Jawa Timur ditunjuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Probolinggo, untuk ikut berkompetisi dalam lomba perpustakaan di tingkat Jawa Timur. Kartar yang tergabung dalam Heppiii Community ini memiliki perpus yang dikelola langsung oleh komunitas anak-anak muda desa setempat dengan sangat profesional .

Pemilihan Kartar Patriot sebagai satu-satunya wakil dari Probolinggo karena selama ini perpustakaan mereka aktif berkegiatan dan dapat memberi nilai manfaat yang positif bagi masyarakat sekitar. Saat Pandemi misalnya, komunitas anak-anak muda di Karta Patriot membuka Ruangan Belajar Online (RBO) untuk kalangan pelajar hingga mahasiswa.

Baca juga: Tembaki Polisi Saat Ditangkap, Bandar Sabu Pasuruan Tersungkur Bersimbah Darah

Di perpustakaan milik Karta Patriot disediakan internet gratis, kemudian bahan bacaan yang melimpah, bahkan untuk hari-hari tertentu anggota Karta Patriot juga memberikan bimbingan belajar kepada pelajar di desa setempat.

Bermula dari pemberdayaan komunitas anak-anak muda desa setempat inilah akhirnya perpus Karta Patriot ditunjuk oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Probolinggo untuk menjadi duta daerah dalam lomba perpustakaan desa di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Perpustakaan Karta Patriot ini juga menjadi rujukan desa lain maupun sejumlah organisasi untuk mengelola perpustakaan termasuk mengelola organisasi karang taruna. Karta Patriot juga pernah dikunjungi DPRD kabupaten, kota, maupun provinsi terkait pengelolaan karta tersebut.

Ketua Karang Taruna Patriot Desa Brumbungan Lor, Faqih Rizky Muhammad, mengatakan sebagai persiapan lomba, akhir pekan kemarin perpustakaan Karta Patriot dikunjungi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Probolinggo.

Dalam kunjungan itu, pihak dinas menilai fasilitas seperti internet, komputer, ratusan koleksi buku, termasuk ruangan yang representatif dan banyak kegiatan menarik menjadi alasan penunjukan Karta Patriot mengikuti lomba tingkat provinsi.

"Kunjungan kemarin juga dalam rangka visitasi dan pengecekan kesiapan Perpustakaan Patriot untuk partisipasi dalam Kompetisi Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi 2021," kata Faqih Rizky Muhammad yang akrab disapa Eky ini, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Memilukan! Pria di Bukittinggi Ucapkan Salam Perpisahan pada Istri, Lalu Gantung Diri
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6170 seconds (0.1#10.140)