Tokoh Intelektual Mimika Tegas Beri Jaminan Keamanan 100% untuk PON Papua

Minggu, 18 April 2021 - 22:20 WIB
loading...
Tokoh Intelektual Mimika Tegas Beri Jaminan Keamanan 100% untuk PON Papua
Tokoh intelek Mimika, Yohanes Kemong. Foto: iNews: Sandy Gaming
A A A
JAYAPURA - Beberapa venue dan persiapan yang telah dilakukan oleh Panitia Besar (PB) PON Papua , termasuk kesiapan pagelaran dan keamanan, menunjukkan Geliat PON XX Tahun 2021 Provinsi Papua telah terlihat, Minggu (18/4/2021).

Semua pihak di Provinsi Papua utamanya wilayah penyelenggaraan PON Papua diminta andil berpartisipasi dan menyukseskan ajang bergengsi yang oleh Gubernur Papua Lukas Enembe disebut sebagai ajang pertaruhan Harga Diri Orang Papua ini.



Dukungan untuk keberlangsungan pagelaran yang aman dan suksesnya PON Papua disampaikan Gubernur Papua Lukas Enembe pada sesi Chefs de Mission Meeting di Sentani beberapa waktu lalu. Gubernur bahkan memastikan PON Papua berlangsung aman.

Jaminan keamanan ini juga disampaikan berbagai tokoh masyarakat di Papua, salah satunya dari Organisasi Kaum Intelektual Amugsa (OKIA) Kabupaten Mimika.

Yohanes Kemong, sebagai penasehat OKIA Mimika tegas mendukung dan menjamin keamanan pagelaran PON, utamanya di wilayah Mimika sebagai salah satu cluster venue PON.



“Kami tegas mendukung penuh suksesi PON Papua, terkhusus di Timika, Kabupaten Mimika. Dukungan kami 100%, karena Mimika juga menjadi tuan rumah. Kesuksesan PON adalah kesuksesan kaum intelektual suku Amugme Kamoro dan semua suku di Mimika,"kata Yohanes.

Ditegaskan juga bahwa pihaknya akan turut menjadi keamanan membantu aparat dan pihak lain untuk keberlangsungan PON yang aman dan damai.“Kita siap membackup keamanan untuk menjamin keamanan PON di Timika. Karena kita tuan rumah, maka kita akan turut serta menjamin keamanan baik jalannya PON maupun semua peserta yang datang,"tegasnya.



Dia pun meminta peran semua elemen masyarakat di Mimika untuk turut menjamin komitmen intelektual Mimika.“Saya himbau kepada semua masyarakat dan elemen untuk mendukung penuh PON Papua yang aman, seperti tujuan PON Papua yang disampaikan bapak Gubernur, yakni suksesi panyelenggaraan, suksesi prestasi,sukses ekonomi, administrasi, dan budaya positif. Ini harus dipegang teguh kita semua. Ajang ini adalah ajang harga diri bagi Papua, oleh karena itu harus sukses semua,"pungkasnya.

Untuk diketahui, setelah mundur akibat pandemi COVID-19, PON 2021 Papua akhirnya diputuskan akan dihelat pada 2-10 Oktober 2021 mendatang. Berbagai persiapan utamanya venue digenjot pembangunannya, seperti venua Dayung, terbang layang, Anggar, gantole, dan beberapa venue yang sifatnya temporari.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4588 seconds (0.1#10.140)