Mudik Dilarang Tetapi Wisata Tetap Buka, Bagaimana Kontrol Kerumunan?

Minggu, 18 April 2021 - 10:53 WIB
loading...
Mudik Dilarang Tetapi Wisata Tetap Buka, Bagaimana Kontrol Kerumunan?
Tempat wisata di berbagai kota akan tetap dibuka selama libur Lebaran nanti. Foto/Dok.SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Keputusan untuk melarang mudik sudah keluar dari pemerintah. Sementara sejumlah destinasi wisata mempersiapkan diri menyambut wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) menjelang dan saat libur Lebaran nanti.



Dosen D3 Pariwisata Universitas Airlangga, Novianto Edi Suharno menuturkan, pada dasarnya destinasi wisata jumlah pengunjungnya relatif bisa dikontrol dan cenderung berpotensi menjadi tempat kerumunan. "Makanya harus ada kontrol pengunjung dan menerapkan prokes serta pengawasan yang ketat," kata Novianto, Minggu (18/4/2021).



Ia melanjutkan, pembukaan destinasi wisata juga bagian dari kebijakan pemerintah kabupaten/kota dengan pertimbangan kondisi lingkungan. Apalagi selama pandemi COVID-19 sektor wisata terjun bebas.

Terkait pembukaan tempat wisata itu, Novianto menekankan controlling. Menurutnya, langkah preventif untuk penularan penyebaran virus juga harus ada upaya kontrol dari pengelola destinasi wisata .



Ia membeberkan, ada beberapa hal bisa dilakukan seperti pengetatan pengawasan prokes . Kemudian ada carrying capacity. Sehingga, sektor ekonomi dan sektor kesehatan bisa berjalan beriringan. Dengan serentak mematuhi protokol kesehatan, ekonomi bisa pulih, rakyat sehat dan selamat.

Novianto juga menjelaskan secara luas mengenai pengetatan pengawasan prokes yakni menambah Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertugas mengawasi dan mengontrol melalui CCTV serta harus ada sanksi bagi yang melanggar.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2623 seconds (0.1#10.140)