Heli MI8 yang Dibakar OPM di Ilaga Ternyata Bisa Diterbangkan ke Timika

loading...
Heli MI8 yang Dibakar OPM di Ilaga Ternyata Bisa Diterbangkan ke Timika
Helikopter MI8 yang dibakar KKB atau Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM), ternyata bisa diterbangkan dari Bandara Aminggaru, Ilaga, ke Timika. Foto Ist
TIMIKA - Helikopter MI8 milik PT Ersa Eastern Aviation yang dibakar kelompok kriminal bersenjata (KKB), atau yang lebih dikenal dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) , Senin (12/4) telah diterbangkan dari Bandara Aminggaru, Ilaga, Kabupaten Puncak ke Timika. Setelah dilakukan pengecekan ternyata kerusakan yang dialami tidak parah sehingga setelah diperbaiki sekitar pukul 14.30 WIT helikopter tersebut terbang ke Timika.

"Memang benar helikopter yang dibakar Minggu malam (11/4) sudah berada di Timika setelah tim teknisi tiba di Ilaga dan memperbaiki pesawat tersebut," kata Kepala Bandara Aminggaru, Ilaga, Herman Sujito, Selasa (13/4/2021).

Herman mengakui, sejak Senin (12/4) aktivitas penerbangan di Bandara Aminggaru, Ilaga telah normal dimana operasional bandara melayani sekitar 50 kali penerbangan dari dan ke Ilaga.

Baca: Heli yang Dibakar OPM di Ilaga Ternyata Pernah Mendarat Darurat di Lapangan Sepak Bola Nimbokrang

Tercatat ada tujuh perusahaan penerbangan yang melayani rute ke Ilaga dan terbanyak dari bandara Moses Kilangin Timika, jelas Herman Sujito.



Kapolres Puncak Kompol Nyoman Punia secara terpisah mengaku, penyidik sudah melakukan olah TKP kasus pembakaran helikopter yang dilakukan KKB.

Olah TKP dilakukan Senin (12/4) dan mengamankan beberapa barang bukti berupa jeriken bensin dan batu yang diduga digunakan untuk merusak heli tersebut.

Ketika ditanya tentang situasi kamtibmas, Punia mengaku untuk Ilaga relatif kondusif namun anggota senantiasa waspada.

"Saat ini situasi kamtibmas relatif aman dan kondusif di Ilaga," kata Kapolres Puncak.

Baca: Breaking News OPM Bakar Helikopter Sipil di Bandara Ilaga Papua



Helikopter jenis MI 8 milik PT Ersa Air mengalami kerusakan mesin sejak 31 Maret lalu.
(sms)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top