Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Satgas Pangan Jatim Blusukan ke Pasar Pantau Harga Kebutuhan Pokok Ramadhan dan Lebaran

loading...
Satgas Pangan Jatim Blusukan ke Pasar Pantau Harga Kebutuhan Pokok Ramadhan dan Lebaran
Satgas Pangan dari berbagai instansi di antaranya , Polda Jatim, Bulog , Dinas peternakan , Dinas Pertanian Dinas Perkebunan Serta KPPU melakukan sidak ke Pasar Wonokromo Surabaya. iNews TV/Hari Tambayong
SURABAYA - Satgas Pangan dari berbagai instansi di antaranya , Polda Jatim, Bulog , Dinas peternakan , Dinas Pertanian Dinas Perkebunan Serta KPPU melakukan sidak ke Pasar Wonokromo Surabaya. Hasilnya sejumlah bahan pokok termasuk cabaI rawit mengalami kenaikan.

Dalam sidak Satgas Pangan menemukan ada beberapa kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga, meski kenaikan harga pokok belum signifikan, namun diprediksi akan kembali naik mendekati lebaran nanti. Selain harga pokok kenaikan harga juga tetap terjadi pada cabit rawit.

Dirkrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Farman mengatakan, setelah bersama beberapa instansi terkait , melakukan pengecekan di salah satu pasar yakni pasar Wonokromo, pihaknya merasa lega, meski ada kenaikan namun tidak terlalu besar dan cenderung stabil, seperti ayam dan telur. "Sedangkan beras dan gula harga dan stoknya masih aman," ujar Farman, Senin (12/4/2021).

Sebelumnya, Farman menyebut pihaknya telah melakukan koordinasi melalui zoom meeting tentang produksi, produsen, distribusi maupun harga. "Setelah itu, kami memilih turun langsung untuk mengecek apakah benar ada kenaikan harga sembako di pasar," sebutnya.

Disinggung terkait harga cabai yang merangkak naik lagi, khususnya cabe rawit , Farman mengatakan memang ada kenaikan tetapi tidak sampai melambung.

"Rencana ke depan, tadi sudah saya bicarakan kita akan turun kembali ke pasar yang lain, seperti pasar Induk keputran, biar kita tahu berapa harga kulakan di sana. sehingga bisa kita stabilisasi harga di sana. Karena rata-rata pedagang di sini bahan-bahan cabai, bawang dan sayur mayur mengambil di keputran," tambahnya. Baca: Kasasi Ditolak MA, Pendeta Hanny Tetap Divonis 11 Tahun Penjara Akibat Cabuli Jemaatnya.

Sementara itu, sejumlah pedagang mengatakan , biasanya mendekati lebaran ada kenaikan harga bahan pokok termasuk komoditi lainnya , Salman salah satu pedagang cabai rawit memgaku , harga cabai sempat turun menjadi Rp 50 ribu, namun hari ini naik lagi menjadi Rp 70 ribu.



"Harga cabai kecil hari ini naik Rp 20 ribu per kilogram, dari awalnya Rp 50 ribu ke Rp 70 ribu. Lalu bawang merah naik sedikit dari Rp 28 ribu ke Rp 30 ribu.Tapi yang lain normal semua," ungkap Salman. Baca Juga: Dipenjara di Nusakambangan, Napi Amerika Serikat Mengeluh Dipersulit Berobat ke RS.

Sedangkan penjual ayam potong, Murifah, mengaku ada sedikit kenaikan harga. " Sudah satu mingguan menjelang ramadhan ini harga ayam naik. Satu hari lalu harganya Rp 30 ribu sampai Rp 33 ribu, sekarang Rp 38 ribu. Naiknya karena barangnya sekarang dijatah nggak banyak," pungkasnya.
(nag)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top