Jelang Ramadhan, Harga Daging Ayam di Kota Serang Merangkak Naik

Senin, 12 April 2021 - 00:38 WIB
loading...
Jelang Ramadhan, Harga Daging Ayam di Kota Serang Merangkak Naik
Jelang ramadhan, harga daging ayam di Serang, Banten mengalami kenaikan.foto/dok
A A A
SERANG - Harga daging ayam di Pasar Induk Rau, Kota Serang, Banten mengalami kenaikan hingga Rp5000 per kilo gram. Awalnya, harga daging ayam seharga Rp32.000 per kilo gram kini naik hingga Rp37.000 per kilo gram.

Eko Susanto, pedagang pengecer warga, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang mengatakan, selain daging ayam terdapat kenaikan untuk harga ikan. "Harga Ikan Bandeng, Ikan Kembung dan ikan laut lainya sedikit ada kenaikan," katanya, Minggu (11/4/2021).

Eko juga menjelaskan, untuk sayuran dan bumbu saat ini harganya masih setabil. "Kalau kami sangat mengharap harganya harus tetap stabil, supaya tidak bingung menjualnya, " ujar Eko.

Baca juga: 2 Guru Korban Penembakan KKB di Distrik Boega Disambut Histeris Keluarga di Makassar

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banten mulai melakukan pemantauan terhadap harga komoditi di pasar menjelang Ramadan hingga Lebaran 2021. Mereka memprediksi terdapat komidotitas yang akan mengalami kenaikan jelang Ramadan yaitu gula pasir.

Kepala Disperindag Banten Babar Suharso mengatakan, sejumlah komoditi di Banten terpantau memang sudah mengalami kenaikan harga. Hal ini disebabkan oleh kondisi cuaca dan terpengaruh kenaikan harga secara nasional. Adapun komoditi yang harganya naik antara lain cabai dan kedelai.

“Ini kenaikan memang terutama yang terpangaruh cuaca. Kemudian secara nasional memang mengalami kenaikan,” kata Babar.

Baca juga: Tinjau Lokasi Terdampak Gempa, Gubernur Khofifah Minta Masjid Rusak Segera Diperbaiki

Atas kondisi tersebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan (Kemendagri). Selain untuk mengendalikan harga, langkah itu juga untuk mengantisipasi kenaikan harga menjelang Ramadan. “Karena gejala kenaikan nasional kami sudah berkoordinasi dengan kementerian nanti ada kebiijakan,” katanya

Komoditi yang diprediksi mengalami kenaikan harga jelang Ramadan yaitu gula pasir. Untuk antisipasinya dilakukan operasi pasar secara serempak. Tujuannya agar operasi pasar berdampak secara signifikan terhadap harga.

“Jadi nanti semua gerakan untuk menghadapi hari besar kegamanaan nasional sifatnya nasional, bersama sama provinsi lain,” ucapnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)