Bupati Barru Sambut Baik Operasi Perdana KMP Dharma Kencana

Sabtu, 10 April 2021 - 21:19 WIB
loading...
Bupati Barru Sambut Baik Operasi Perdana KMP Dharma Kencana
Bupati Barru, Suardi Saleh pengoperasin perdana KMP Dharma Kencana di Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru, Sabtu (10/4/2021). Foto: Istimewa
A A A
BARRU - PT Dharma Dwipa Utama (DDU), anak perusahaan dari PT Dharma Lautan Utama (DLU) salah satu perusahaan pelayaran nasional mulai melebarkan sayap melayani jalur keperintisan dengan rute dari Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru, Sulsel ke Pelabuhan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Pengoperasian perdana KMP Dharma Kencana dihadiri Bupati Barru , Suardi Saleh, anggota komisi IX DPR RI, Hasna Syam, Wakil Bupati, Sekda, Forkopimda, Wakapolres, Kadis Perhubungan, serta pejabat pemerintah lingkup Kementerian Perhubungan di Pelabuhan Garongkong, Barru, Sabtu (10/4/2021).



Pada kesempatan itu, Manajer PT DLU Cabang Makassar, Budiono mewakili Dirut Dharma Dwipa Utama (DDU) mengatakan, KMP Dharma Kencana dijadwalkan berangkat seminggu sekali, dengan kapasitas muatan 575 penumpang, 30 truk atau 65 unit campuran termasuk kendaraan pribadi. Adapun jarak tempuhnya sekitar 40 hingga 48 jam.

"Di atas kapal kita siapkan fasilitas seluruh ruangan ber Ac, fasilitas ruang tidur serta tempat duduk recleaning seat yang mana semua fasilitas di atas tidak perlu membayar lagi, ruang musalla, ruang medis beserta tenaga medis siap selama pelayaran serta menjamin keselamatan pengguna jasa dengan standar internasional (SOLAS & IMO), adanya pandemi Covid-19 sekarang ini juga kita terapkan protokol kesehatan ketat, penumpang wajib pakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak tempat penumpang," jelasnya.



Budiono berharap, kehadiran KMP Dharma Kencana di Pelabuhan Garongkong dapat melancarkan pengiriman logistik dan membawa Kabupaten Barru menjadi daerah lebih maju dibanding daerah lain yang ada di Sulsel, karena letaknya yang strategis.

"Arah ke depan, PT DDU akan berharap bisa merintis pelayaran Barru-Kalimantan. Kita juga berharap dengan diserahkannya pelabuhan baru dari Kementerian Perhubungan ke Pemkab Barru, kami ingin menjadikan Pelabuhan Garongkong ini sebagai wajah dari Kabupaten Barru dan menjadi pelabuhan percontohan secara nasional, dengan merombak total fasilitas agar menjadi lebih baik," harap dia.

Bupati Barru , Suardi Saleh, menyampaikan apresiasi atas pengoperasian perdana KMP Dharma Kencana di Pelabuhan Garongkong.



"Kita berharap KMP Kencana terus beroperasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah memajukan Kabupaten Barru, khususnya meningkatkan sektor ekonomi masyarakat sekitar," harap Bupati dua periode itu.

"Pemerintah daerah juga telah berkomitmen mengembangkan Pelabuhan Garongkong menjadi kawasan industri khusus," tandasnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2230 seconds (0.1#10.140)