Kodam XVIII/Kasuari dan Unipa Wujudkan Ketahanan Pangan Mahasiswa

loading...
Kodam XVIII/Kasuari dan Unipa Wujudkan Ketahanan Pangan Mahasiswa
Kodam XVIII/Kasuari dan Universitas Papua (Unipa) melakukan kerjasama ketahanan pangan di Asrama Mahasiswa Bintuni, Amban, Manokwari, Papua Barat. Foto/Pendam XVIII/Ksr
MANOKWARI - Kodam XVIII/Kasuari dan Universitas Papua (Unipa) melakukan kerjasama ketahanan pangan di Asrama Mahasiswa Bintuni, Amban, Manokwari, Papua Barat , Jumat (10/4/2021).

Baca juga: Pangdam Jaya Lantik 130 Siswa Dikmaba TNI AD Otsus dari Kodam XVIII Kasuari

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa saat memberikan sambutan pada acara penanaman perdana dalam rangka ketahanan pangan mahasiswa menyatakan, kegiatan yang dilakukan bukan hanya membangun Kampung Tangguh namun kita juga membangun Asrama Tangguh.

Baca juga: Pangdam XVIII/Kasuari Resmikan Sanggar Seni Kreasi di Raja Ampat

"Melalui kegiatan ketahanan pangan mahasiswa ini adik-adik siap belajar di sini dengan kondisi yang sehat. Kandungan protein nabati pada sayur-sayuran ini akan membuat kita sehat dan memiliki daya pikir yang baik," katanya.



Kodam XVIII/Kasuari dan Unipa Wujudkan Ketahanan Pangan Mahasiswa


Nyoman Cantiasa menambahkan, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia. Setiap manusia memiliki hak untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Agar kebutuhan pangan masyarakat bisa tercapai, maka perlu dilakukan berbagai upaya. Di antaranya dengan mewujudkan ketahanan pangan seperti yang dilakukan Kodam XVIII/Kasuari bersama Unipa.

"Ke depan diharapkan melalui kegiatan ketahanan pangan ini selain dapat membantu adik-adik mahasiswa Unipa dalam pemenuhan gizi dan alternatif sayuran untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, juga untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat," ujar Pangdam.

Kegiatan Ketahanan Pangan Mahasiswa tersebut tidak hanya dilakukan oleh TNI. Namun merupakan wujud dari sinergitas TNI-Polri, pemda, mahasiswa dan dosen yang ikut serta mendorong para petani dan masyarakat untuk bercocok tanam. Tujuannya untuk membantu masyarakat mewujudkan ketahanan pangan di lingkungan keluarga di wilayah Papua Barat.

"Setelah kegiatan hari ini, harapannya ke depan mahasiswa Unipa bisa merawat dan menjaga tanaman-tanaman ini sampai bisa panen, sehingga dapat menyiapkan pemenuhan kebutuhan sayur dan dimasak sendiri," harap Pangdam.



Penanaman perdana berbagai jenis tanaman sayuran dalam rangka Ketahanan Pangan Mahasiswa di Asrama Mahasiswa Unipa asal Kabupaten Bintuni ini, lanjut dia, dimaksudkan mengajak seluruh elemen bangsa untuk menemukan solusi yang inovatif dan berkelanjutan guna menjawab tantangan di masa pandemi COVID-19.

Selain itu juga untuk menjamin ketersediaan pangan cukup, aman, baik pada tingkat nasional, daerah, hingga rumah tangga, utamanya bagi para mahasiswa Unipa.

Sementara itu, Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani dalam sambutannya memberikan pesan-pesan kepada para mahasiswa Unipa, khususnya mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Papua Barat di luar Kabupaten Manokwari yang tinggal di asrama-asrama mahasiswa di sekitar Kampus Unipa. Terlebih lagi yang berada di Asrama Bintuni dan Asrama Waropen, yang menjadi lokasi Ketahanan Pangan yang hadir pada kegiatan itu.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top