Tokoh Muhammadiyah Jawa Timur Nadjib Hamid Meninggal Dunia

Jum'at, 09 April 2021 - 12:09 WIB
loading...
Tokoh Muhammadiyah Jawa Timur Nadjib Hamid Meninggal Dunia
Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Nadjib Hamid. Foto SINDOnews
A A A
SURABAYA - Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur (Jatim) Nadjib Hamid meninggal dunia di Rumah Sakit Siti Khodijah Kabupaten Sidoarjo, Jumat (9/4/2021),pukul 08.20 WIB. Tokoh asal Paciran, Lamongan itu wafat di usia 56 tahun akibat sakit.

Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Surabaya, Achmad Rosyidi mengatakan, jenazah Nadjib Hamid rencananya dimakamkan di daerah asalnya di Paciran, Lamongan. Sebelumnya, terlebih dahulu disalatkan di Masjid Al Badar depan Kantor PWM Jatim di Jalan Kertomenanggal Surabaya.

"Kami mewakili keluarga besar warga Muhammadiyah merasa kehilangan figur panutan yang benar-benar memiliki kekuatan integritas serta sosok yang mengayomi," katanya.

Ketua Lembaga Hikmah dan Lembaga Kebijakan Publik PWM Jatim, Suli Daim menjelaskan, Nadjib Hamid masuk rumah sakit sejak Sabtu (3/4/2021) lalu. Dia dilarikan ke rumah sakit karena ada masalah di paru-paru. Analisa sementara, Nadjib Hamid didiagnosa menderita kanker paru-paru. "Kami merasa sangat kehilangan. Beliau senior kita. Guru kita," katanya.

Nadjib Hamid dikenal sebagai sosok yang sangat familiar di kalangan tokoh, aktivis, jurnalis maupun di pemerintahan. Beliau juga dikenal selalu maksimal saat dipercaya duduk di suatu organisasi.Bapak tiga anak tersebut juga pernah menjabat komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jatim periode 2008-2014, komisioner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), sekarang Bawaslu pada 2003-2004.

Nadjib Hamid juga pernah lima tahun menjabat wakil ketua Forum Kerukunan Umat Beragama(FKUB) Jatim, Sekretaris Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jatim, Anggota Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) serta organisasi-organisasi lainnya. Nadjib Hamid juga Calon DPD RI pada Pemilu 2019 dari Dapil Jatim.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2742 seconds (0.1#10.140)