Seniman Dukung Gebrakan Pemko Medan Bangkitkan Nilai Sejarah dan Budaya Medan di Kesawan City Walk

Selasa, 06 April 2021 - 14:26 WIB
loading...
Seniman Dukung Gebrakan Pemko Medan Bangkitkan Nilai Sejarah dan Budaya Medan di Kesawan City Walk
Wali Kota Medan M Bobby Afif Nasution saat soft launching Kesawan City Walk baru- baru ini. Foto/Ist
A A A
MEDAN - Pemko Medan yang ingin mengembalikan kejayaan Kota Medan dengan melakukan revitalisasi kawasan kota lama Kesawan terus mengalir dukungan dari para budayawan.

Dukungan kali ini disampaikan Irwansyah Harahap, budayawan. Di mata pria yang juga merupakan akademisi USU dan seniman internasional itu, revitalisasi yang dilakukan wali kota sudah berada pada jalur yang tepat.

Begitu juga dengan keinginan wali kota menjadikan Kesawan City Walk menjadi objek wisata kuliner, Irwansyah menilai bahwa hal itu adalah gebrakan besar untuk Kota Medan.

"Saya menilai gagasan wali Kkota dengan me-launching Kesawan City Walk itu merupakan langkah yang sangat baik. Di sana wali kota juga mengutamakan kenyamanan masyarakat di ruang publik," kata Irwansyah, Selasa (6/4/2021).

Dia mengatakan, kenyamanan masyarakat di ruang publik harus dijamin. Tempat parkir harus tersedia. Jika itu bisa dimanajemen dengan baik.

"Ruang publik yang digagas Wali Kota Medan tentunya akan menjadi lebih baik lagi," sambung pria berambut gondrong itu.

Menurutnya, revitalisasi cagar budaya juga akan menampilkan identitas kota. Maka itu, Medan terkenal dengan keberagaman. "Itu juga yang harus ditonjolkan di Kesawan City Walk," lanjutnya.

Tak heran, kata Irwansyah, jika Wali Kota Medan saat melaunching Kesawan City Walk memfokuskan di depan Rumah Tjong A Fie.

Sebab, Tjong A Fie adalah sosok tersohor di masanya sebagai contoh persatuan dalam keberagaman yang ada saat itu.

Sekedar diketahui, Kesawan City Walk adalah bagian dari program mengembalikan kejayaan Kota Medan. Secara garis besar, jargon yang diambil adalah Medan sebagai The Kitchen of Asia.

Baca juga: 239 Tenaga Kesehatan di Simalungun Belum Divaksinasi COVID-19

Lebih luas lagi, Kesawan City Walk dengan jargon The Kitchen of Asia adalah bagian dari rencana Wali Kota mengembalikan Medan menjadi Paris Van Sumatera.

Baca juga: 26 Kali Beraksi, Dedengkot Maling Motor di Medan Tersungkur Ditembak Polisi

Pasca soft launching Kesawan City Walk, wali kota terus mengistruksikan kepada OPD terkait di lingkungan Pemko Medan untuk terus melakukan penataan sehingga kawasan yang akan dijadikan sebagai The Kitchen of Asia itu semakin lebih menarik.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)