Ini Puluhan Produk Artisan Jawa Barat, Berkualitas Premium dan Patut Bersaing di Pasar Global

Senin, 05 April 2021 - 08:07 WIB
loading...
Ini Puluhan Produk Artisan Jawa Barat, Berkualitas Premium dan Patut Bersaing di Pasar Global
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat meninjau salah satu produk artisan Bandung. Foto istimewa
A A A
BANDUNG - Gerakan Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tahun ini dipusatkan di Kota Bandung. Berbagai rangkaian acara digelar, memfasilitasi promosi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan meningkatkan penjualan. Tujuannya agar ekonomi Indonesia kembali pulih setelah porak poranda diterpa pandemi Covid-19.

Salah satu rangkaian Gernas BBI adalah event UKM Jabar Paten. Salah satu kegiatan unggulannya adalah pameran dan showcase produk UKM artisan terbaik di Jawa Barat khususnya di Kota Bandung. Mengusung tema “The Artisan Story", pameran digelar di dua lokasi yaitu di Grammars, Jalan Cihapit No. 6, Kota Bandung dan Mr. Roastman, Jalan Ciumbuleuit No. 108, Kota Bandung.

Baca juga: 15 Orang Masih Hilang, Hari Ini Tim SAR Perluas Pencarian di Tiga Sektor

Sebanyak 31 produk artisan terbaik Jawa Barat dipamerkan dalam kegiatan itu, yang nantinya bisa terus diakses melalui beberapa kanal online. Beberapa produk itu adalah buatan Amygdala Bamboo, Batik Fractal,

Battenberg3, Blankenheim, Cipta Mandiri Craftindo, El32 Collection, Elina Keramik, Everidea Interactive, Evermos, Grrotwatch, Hanan Aroma, Hasan Batik, Hirka, IDCloud

Host, Jari Hitam, Kar Jewellery, Kaynn Craft, Old Dog Shoes, Pala Nusantara, Potlot Studio, Rahsa Nusantara, Senja Sore, Shoes Care, Stranough, Swarga Flower Tea, Tridents, Trus & Well, Voute Denim, Yearn, Talkabot, dan Kiraku.id.

Baca juga: Diduga Sering Pelesiran Keluar Lapas, Ini Tanggapan Keluarga Mantan Gubernur Sultra Nur Alam

Amygdala Bamboo misalnya, adalah UKM yang memproduksi berbagai furniture dari bambu. Seperti produk dekorasi rumah dengan berbagai item seperti lampu, mangkok, kursi, sendok garpu, gelas, tatakan gelas, rak, sarung bantal bambu, dan lainnya.

Tak kalah menarik adalah Batik Fractal. UKM yang lahir di Bandung ini menginisiasi produk batik yang dibuat khusus berdesain fraktal. Desain batik dibuat secara komputerisasi sehingga menghasilkan kolaborasi warna dan corak yang disesuaikan dengan kebutuhan zaman namun tetap memegang nilai ke-Indonesiaan .

“Produk yang hadir di sini memang menitikberatkan pada produk-produk artisan yang sudah dikurasi menjadi produk unggul, tetapi bukan produk yang sifatnya mass production. Misalnya custom product, handmade," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5195 seconds (0.1#10.140)