Hujan Terus-menerus, 5 Kecamatan di Malaka Terendam Banjir 2 Meter

Minggu, 04 April 2021 - 15:41 WIB
loading...
Hujan Terus-menerus, 5 Kecamatan di Malaka Terendam Banjir 2 Meter
Pemukiman warga di Kabupaten Malaka terendam banjir setelah hujan mengguyur wilayah itu sejak Minggu (2/4/2021) lalu. Foto: Istimewa
A A A
MALAKA - Hujan yang mengguyur Kabupaten Malaka , Nusa Tenggara Timur ( NTT ) sejak Jumat lalu hingga Minggu (4/4/2021), mengakibatkan Sungai Benanain meluap dan menggenangi ribuan rumah penduduk di5kecamatan.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir ini namun seluruh tempat tinggal serta harta benda milik warga hanyut terbawa aliran sungai. Ketinggian air melebihi 1 meter bahkan mencapai 2 meter ini membuat warga Kabupaten Malaka kini semakin terisolir.

Baca juga: 23 Orang Tewas Diterjang Banjir Bandang dan Longsor di Flores Timur, Bantuan Belum Datang

Banjir tersebut merupakan kiriman dari dua kabupaten tetangga yakni Kabupaten Timor Tengah Utara dan Kabupaten Timor Selatan, namun hingga kini belum bisa diatasi dan terus menerjang wilayah itu setiap musim hujan.

Yoseph Seran Nahak salah satu warga mengatakan, banjir yang terjadi akibat luapan Kali Benenai ini terjadi pada dini hari tadi ketinggian air mencapai 1 meter lebih. “Warga kini hanya bisa berharap adanya bantuan dari pemerintah setempat dengan menyediakan persediaan air bersih dan juga makanan siap saji dikeranakan seluruh tempat tinggal mereka hingga kini masih terendam banjir,” katanya.

Baca juga: 2 Korban Banjir Bandang dan Longsor di Flores Timur Masih Hilang

Selain itu, Kepala Desa Naimana Fransiskus Seran mengatakan wilayah Kabupaten Malaka sudah sering di landa banjir namun sangat berbeda dengan banjir yang terjadi saat ini. Akibat dari banjir ini ratusan kepala keluarga di wilayah ini kehilangan tempat tinggal mereka.

“Kami berharap secepatnya ada bantuan tanggap darurat daripemerintah daerah untuk masyarakat yang terkena banji dikarenakan seluruh tempat tinggal warga hingga sakarang masih terendam banjir,” ungkapnya.

Dari lima kecamatan yang terkena dampak banjir ini, terdapat 23 desa yang terparah akibat luapan kali Benanain. Hingga kini, banjir masih menggenangi pemukiman warga setinggi 1 meter.
(nic)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2536 seconds (11.252#12.26)