Tabrak Kapal Kargo di Laut Indramayu, MV Barokah Jaya Beserta 32 ABK Terbalik

Sabtu, 03 April 2021 - 22:18 WIB
loading...
Tabrak Kapal Kargo di Laut Indramayu, MV Barokah Jaya Beserta 32 ABK Terbalik
Kapal kargo MV Habco Pioneer bermuatan minyak mentah bertabrakan dengan kapal nelayan MV Barokah Jaya di Laut Indramayu, Jabar. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
INDRAMAYU - Tabrakan kapal terjadi di perairan Indramayu , Jawa Barat, tepatnya di perairan utara Balongan yang melibatkan MV Habco Pioneer dan MV Barokah Jaya.

Baca juga: Dua Kapal Tabrakan di Perairan Indramayu, 17 ABK Dilaporkan Hilang

Kepala Basarnas Bandung, Deden Ridwansyah membenarkan kabar tersebut. Menurut dia, peristiwa tersebut terjadi Sabtu (3/4/2021) sekitar pukul 16.45 WIB dengan lokasi sekitar 60 mil laut utara Indramayu.

Baca juga: Dua Kali Tembakan Peringatan, Kapal Vietnam Tak Berkutik saat Diamankan di Natuna

"Betul sekali pak, lokasi kejadian sekitar 60 mil laut utara Indramayu," ujar Deden saat dikonfirmasi melalui telepon selularnya, Sabtu (3/4/2020).



Namun begitu, Deden mengaku belum mengetahui pasti kronologi insiden tabrakan kapal tersebut. Namun, akibat kejadian tersebut, MV Barokah Jaya dengan 32 awak kapalnya terbalik.

"17 ABK Barokah Jaya dinyatakan masih hilang, adapun ABK yang selamat berhasil dievaluasi sebanyak 15 orang," sebut Deden.

Deden menyebutkan, MV Habco Pioneer merupakan kapal kargo bermuatan minyak mentah yang tengah berlayar dari Balikpapan menuju Merak. "Adapun MV Barokah Jaya adalah kapal nelayan yang tengah berlayar dari Balongan menuju Eretan," katanya.

Deden memastikan, Basarnas langsung bergerak ke lokasi kejadian dengan mengerahkan Kapal SAN KN Wisnu dari Jakarta.

Selain itu, pihaknya pun terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya, seperti Polair dan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal), termasuk KSOP Cirebon guna melakukan proses penyelamatan korban yang dinyatakan hilang.

"Kita terus berkoordinasi dan kami saat ini sedang menuju ke lokasi kejadian dengan menggerakan kapal sar KN Wisnu dari Jakarta," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)