Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah di Kota Parepare

Jum'at, 02 April 2021 - 17:18 WIB
loading...
Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah di Kota Parepare
Bagian atap rumah salah seorang warga di Kota Parepare rusak dihantam angin kencang, Jumat (2/4/2021). Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle
A A A
PAREPARE - Puluhan rumah di sejumlah wilayah di Kota Parepare mengalami rusak, dari ringan, sedang hingga berat akibat angin kencang disertai hujan yang terjadi Jumat (2/4/2021) dini hari. Sejumlah pohon juga tumbang, namun beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Usai kejadian, Pemerintah Kota Parepare langsung menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) serta Tim Verifikasi dan Validasi Kerusakan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ke tempat kejadian.



Rusli, Kepala Pelaksana BPBD Parepare mengatakan, TRC dengan tugasnya menindaklanjuti gangguan-gangguan terhadap fungsi pelayanan umum, seperti mengevakuasi pohon tumbang, dan sejumlah tugas lainnya.

Sementara Tim Verifikasi dan Validasi melakukan pendataan secara rinci dan detail terkait kerusakan rumah warga akibat terjangan angin kencang.

"Sebagaimana instruksi Wali Kota, agar kami siap siaga dan dini hari kami bergerak cepat, dengan mengerahkan TRC dan tim validasi langsung ke lokasi," kata Rusli.



Sementara itu, Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Parepare, Nasrullah mengatakan, salah satu wilayah yang terkena dampak angin kencang berada di Lamaubeng, Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki.

"Kita bekerja sama dengan pihak kelurahan melakukan pendataan secara riil untuk memastikan agar bantuan material dapat secepatnya disalurkan kepada warga yang terkena dampak bencana angin kencang . Kita hitung secara cermat, kehilangan dan kerusakan. Kerusakan diprediksi mencapai puluhang rumah," paparnya.



Bantuan berupa bahan material itu kata dia, akan segera disalurkan agar rumah warga dapat utuh kembali. Data, jelasnya, akan diproses cepat agar bantuan dapat segera disalurkan.

"Setelah data rampung, dan memastikan tidak ada warga yang terlewatkan, bantuan langsung diserahkan pada yang terdampak bencana," tandasnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)