Ketersediaan Bahan Pokok di Kabupaten Gowa Jelang Ramadan Aman

Jum'at, 02 April 2021 - 14:00 WIB
loading...
Ketersediaan Bahan Pokok di Kabupaten Gowa Jelang Ramadan Aman
Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina, mengikuti high level meeting bersama TPID Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Four Points By Sheraton Makassar, Kamis (1/4/2021). Foto: Istimewa
A A A
GOWA - Pemerintah Kabupaten Gowa memastikan kebutuhan bahan pokok menjelang dan selama Ramadan aman. Begitu pun dengan harganya, sekali pun ada beberapa komoditas tertentu yang harganya melonjak.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa, Andi Sura Suaib menyebutkan, secara keseluruhan sembilan kebutuhan pokok di Gowa masih aman. Hingga saat ini, belum ada laporan terkait kekurangan kebutuhan bahan pokok, baik pada distributor maupun di pasar tradisional .



"Untuk harga-harga yang masih tinggi itu cabai, yang lain masih normal. Kalau cuaca tidak terlalu banyak hujan, saya kira kebutuhan di Kabupaten Gowa normal. Kalaupun ada kenaikan mungkin tidak seberapa," ungkapnya, Jumat (2/4/2021).

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina menegaskan, kondisi tersebut diproyeksi bertahan selama bulan Ramadan . "Kita pastikan juga akan aman selama Ramadan nanti," terang Kamsina.

Kendati demikian kata Kamsina, pemerintah juga akan terus melakukan monitoring terhadap kebutuhan dan harga bahan pokok dengan melakukan operasi pasar .



Kepala Pasar Minasa Maupa , Zainuddin Langke menuturkan, saat ini komoditas yang harganya melambung tinggi jelang Ramadan adalah cabai rawit . Selain cabai , komoditas lain yang harganya diprediksi naik jelang Ramadan adalah sayur-sayur pegunungan seperti kentang, wortel, dan kubis.

Zainuddin memprediksi kenaikan bahan pokok lain jelang Ramadan, seperti ayam potong. Biasanya, kenaikannya berkisar 30-50 persen dari harga sebelumnya.



"Kalau biasanya harganya Rp40 ribu nanti naiknya Rp50 hingga kini Rp55 ribu, kalau daging biasanya jelang masuk Ramadan itu normal-normal saja. Harga daging lokal itu saat ini berkisar di harga Rp100 ribu hingga Rp105 ribu," tutur Zainuddin.

Zainuddin berharap, semua stok bahan pokok bisa bertahan hingga memasuki bulan Ramadan .
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5211 seconds (0.1#10.140)