Selama Pandemi, Baznas Kota Bandung Salurkan Dana Rp22,8 Miliar

loading...
Selama Pandemi, Baznas Kota Bandung Salurkan Dana Rp22,8 Miliar
Baznas Kota Bandung saat mendistribusikan ZIS kepada warga penerima manfaat. Foto istimewa
BANDUNG - Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) Kota Bandung selama tahun 2020 kemarin telah menyalurkan dana Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS) senilai Rp22,8 miliar. Dana tersebut didistribusikan kepada mereka yang membutuhkan.

Plt. Ketua Baznas Kota Bandung Dr. Herry Kusaery mengatakan, kendati Indonesia dilanda pandan, namun Baznas Kota Bandung bersyukur animo masyarakat menyalurkan ZIS masih cukup tinggi. Hal itu terbukti dari serapan ZIS selama 2020.

Baca juga: Kobaran Api Kembali Muncul di Kilang Minyak Balongan, Warga Panik Berhamburan

"Selama tahun 2020 lalu, dana yang terhimpun sebesar Rp23,896 miliar dengan pendistribusian Rp22,822 miliar," kata Harry dalam keterangan resminya, Jumat (2/4/2021)

Walaupun masih cukup tinggi, namun secara nilai pengumpulan ZIS tahun lalu cenderung turun. Dimana, Baznas Kota Bandung mencatat Rp26,266 miliar pada 2019 dan berhasil didistribusikan Rp23,845 miliar.



Baca juga: Anak Berusia 8 Tahun di Pangandaran Hilang, Diduga Terpeleset ke Sungai

Sementara itu, pihak terus meningkatkan transparansi pengelolaan ZIS. Di mana tiga tahun berturut-turut mendapat opini wajar serta meraih sertifikat internasional bidang manajemen mutu ISO 9001-2015 dari Word Quality Assurance (WQA).

Opini terakhir untuk audit keuangan tahun buku yang berakhir 31 Desember 2020 dari KAP AR Oetomo sementara WQA menyerahkan sertifikat ISO 9001-2015 tersebut dalam sebuah kegiatan daring belum lama ini.

"Opini wajar dan sertifikat global ini sangat menggembirakan serta merupakan anugerah Allah Swt terhadap kerja keras seluruh amil Baznas Kota Bandung yang gigih melakukan semua proses pencatatan transaksi keuangan sesuai prosedur dan PSAK 109," katanya.

Kinerja tersebut diperoleh karena pihaknya juga tekun melaksanakan prosedur pelayanan dan terus melengkapi semua standar dokumen persyaratan penilaian manajemen mutu. Dengan diterimanya opini wajar dan dari sertifikat ISO 9001-2015 ini, diharapkan menjadi penyemangat meningkatkan kinerja serta senantiasa menghadirkan program yang tepat sasaran bagi masyarakat Kota Bandung.



Perwakilan WQA Indonesia Muhammad Aristian saat menyerahkan sertifikat simbolik melalui media daring menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat kepada Baznas kota Bandung atas diraihnya sertifikat Internasional ISO.

"Saya atas nama pribadi dan lembaga menyampaikan ucapan selamat atas capaian Baznas Kota Bandung meraih sertfikat ISO 9001-2015. Ini membuktikan Baznas Kota Bandung sudah terekognisi sebagai lembaga berstandar internasional yang siap memberikan layanan terbaik bagi masyarakat," katanya.
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top