Efek Kekhawatiran Resesi Global, Harga Minyak Turun

Rabu, 20 Mei 2020 - 10:32 WIB
loading...
Efek Kekhawatiran Resesi Global, Harga Minyak Turun
Harga minyak turun akibat kekhawatiran ekonomi global. Foto/Ist
A A A
SYDNEY - Harga minyak global turun pada Rabu (20/5/2020) karena kekhawatiran resesi ekonomi global akibat pandemi virus corona. Kondisi ini memupus upaya pengurangan produksi demi mendongkrak harga.

Melansir dari Reuters, harga minyak mentah Brent International turun 11 sen atau 0,3% ke level USD34,54 per barel pada pukul 00:31 GMT. Harga minyak mentah Amerika Serikat, West Texas Intermediate turun 13 sen atau 0,4% menjadi USD31,83 per barel.

Harga minyak telah meningkat dalam tiga minggu terakhir, dimana kedua tolok ukur minyak dunia ini telah naik di atas USD30 untuk pertama kalinya dalam lebih dari sebulan. Hal ini disebabkan penurunan produksi besar-besaran oleh negara-negara produsen minyak utama. (Baca juga: Harga Minyak Dunia Kembali Turun Diterpa Ketegangan Perdagangan China-AS )

Namun, prospek ekonomi global yang suram yang dipaparkan Federal Reserve AS telah memberikan tekanan pada harga minyak. Baca: Harga Minyak Perpanjang Kenaikan Empat Hari Beruntun

"Harga minyak mentah menyerah setelah kenaikan belakangan ini, akibat kekhawatiran tentang kerusakan ekonomi jangka panjang yang disebabkan oleh virus corona," analisa ANZ Research di Sydney, Australia.

Sementara itu, data dari American Petroleum Institute menyatakan persediaan minyak mentah AS turun 4,8 juta barel menjadi 521,3 juta barel dalam pekan hingga 15 Mei.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1022 seconds (0.1#10.140)