Mediasi Penyelesaian Lakalantas, Kapolresta Pematangsiantar Diapresiasi Warga

Selasa, 30 Maret 2021 - 03:11 WIB
loading...
Mediasi Penyelesaian Lakalantas, Kapolresta Pematangsiantar Diapresiasi Warga
Kapolresta Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar saat memediasi warga yang mengalamai kecelakaan lalu lintas. SINDOnews/Ricky
A A A
PEMATANGSIANTAR - Jarang terlihat bila seorang polisi yang menjabat Kapolresta, turun tangan langsung memediasi penyelesaian kasus kecelakaan lalu lintas secara kekeluargaan.

Namun hal itu dilakukan Kapolresta Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar, Senin (29/3/2021) yang secara tidak sengaja saat memantau penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), menerima laporan masyarakat adanya kasus kecelakaan lalu lintas yang tengah terjadi di Jalan Diponegoro, kecamatan Siantar Barat.

Boy didatangi seorang warga bernama,Irma (49) karena melihat mantan Danyon A Pelopor Brimob Poldasu itu melintas di lokasi kejadian, dan mengenakan seragam polisi.

"Saya tidak tahu itu pak Kapolresta Pematangsiantar, karena saya lihat pakai seragam polisi, saya minta turun dari mobilnya, karena jalanan macet akibat adanya kecelakaan lalu lintas," ujar Irma.

Irma mengatakan saat dimintai tolong untuk menangani kecelakaan lalu lintas tersebut, Boy Sutan Binanga Siregar langsung turun tangan menanganinya sendiri.

Kedua pengendara yang terlibat kecelakaan lalu lintas kemudian diajak minum di warung kopi di sekitar lokasi kejadian untuk bermusyawarah menyelesaikannya secara kekeluargaan.

Tanpa memanggil anggotanya dari Satuan Lalu lintas Polresta Pematangsiantar, Boy memediasi penyelesaian kasus kecelakaan tersebut yang terjadi secara kekeluargaan.

"Kalo dibawa ke kantor ditangani secara proses hukum, tapi kalo mau diselesaikan secara kekeluargaan tidak perlu, jadi gimana?, saran saya diselesaikanlah secara baik-baik," ujar Boy.

Mendengar penjelasan Boy, kedua pengendara akhirnya sepakat berdamai dan tidak melanjutkannya ke proses hukum. Baca: Bocah Korban Nafsu Tinggi Guru Ngaji Blitar Kemungkinan Bertambah.

Warga sekitar yang melihat cara Kapolresta Pematangsiantar membantu masyarakat menyelesaikan kasus kecelakaan lalu lintas secara kekeluargaan mengapresiasi dan salut dengan sikap bijak yang dilakukannya.

"Jarang ada pejabat polisi apalagi setingkat Kapolres yang turun tangan langsung membantu masyarakat menyelesaikan kasus kecelakaan lalulintas," ujar Daulat Panggabean.

Kapolresta Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar mengatakan, saat melintas di lokasi kejadian melakukan patroli kamtibmas dan penerapan PPKM diminta masyarakat turun menangani kasus kecelakaan lalu lintas. Baca Juga: Ini Sikap Tokoh Lintas Agama di Papua Atas Aksi Bom Bunuh Diri di Makassar.

"Saya kan pelayan masyarakat, sebisa mungkin membantu masyarakat ,apalagi jika terjadi kasus kriminal, kecelakaan lalu lintas di depan mata saya, saya sebagai polisi wajib turun tangan," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4224 seconds (0.1#10.140)