Wabup Jayapura Terima Audiensi BI Papua Bahas Pembentukan TP2DD

Senin, 29 Maret 2021 - 17:45 WIB
loading...
Wabup Jayapura Terima Audiensi BI Papua Bahas Pembentukan TP2DD
Wabup Jayapura Terima Audiensi BI Papua Bahas Pembentukan TP2DD
A A A
SENTANI -
Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro menerima audiensi jajaran Bank Indonesia Provinsi Papua terkait pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD). Audiensi dilakukan di Ruang VIP Bupati Jayapura, Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (29/3/2021).

TP2DD merupakan forum koordinasi antar instansi dan stakeholder di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Tujuannya untuk mendorong inovasi, mempercepat dan memperluas pelaksanaan Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP), serta mendorong integrasi ekonomi dan keuangan digital dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektivitas, transparansi dan tata kelola keuangan terintegrasi.

Dalam kesempatan tersebut , Wakil Bupati Giri Wijayantoro menerangkan bahwa harus dilakukan pertemuan awal seluruh perangkat daerah yang menjadi sasaran program, sebelum kerja TP2DD dilaksanakan.

Menurut Giri, hal ini bertujuan agar seluruh pihak terkait dapat menyamakan persepsi, sehingga target kerja tim bisa tercapai dan tepat sasaran.

Ia menyatakan kehadiran BI ke Kabupaten Jayapura ini ingin menyampaikan bahwa transaksi digital seperti di perhotelan, dan lainnya yang kira-kira aman dan nyaman itu mempermudah pelayanan.

"Supaya kedepan juga bisa banyak keuntungannya termasuk efisiensi waktu yang biasanya berlama-lama, jadi mempercepat pelayanannya, sehingga mempermudah masyarakat untuk bisa bertransaksi," tuturnya .

Ia juga menerangkan di awal, tidak semua distrik akan kerja sama tetapi akan dimulai dari dua distrik yaitu Distrik Sentani dan Distrik Waibhu. " Kita mulai dari dua distrik itu, bari kita ke distrik yang lain," ujar Giri Wijayantoro.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Dedy Irianto mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura guna mendukung program digitalisasi.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pak Wakil Bupati terkait pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah atau TP2DD saat melakukan audiens tadi," kata Dedy Irianto.

Dedy Irianto juga menuturkan, pembentukan TP2DD ini merupakan Keputusan Presiden yang baru saja keluar. "Kalau dulu ada kita kenal dengan nama TPID, itu penekanan terhadap inflasi. Nah, ini percepatan dan perluasan terhadap digitalisasi. Jadi sangat diperlukan dan tentunya ini punya manfaat tidak hanya kepada pemerintah daerah saja, tapi dianggap nanti juga berdampak kepada masyarakat," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4341 seconds (0.1#10.140)