10,3 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Tertunda Masuk Indonesia

Minggu, 28 Maret 2021 - 08:49 WIB
loading...
10,3 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Tertunda Masuk Indonesia
Sebanyak 10,3 juta dosis vaksin merek AstraZeneca dari skema COVAX/GAVI tertunda masuk Indonesia. Foto: Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sebanyak 10,3 juta dosis vaksin merek AstraZeneca dari skema COVAX/GAVI tertunda masuk Indonesia. Sehingga, saat ini logistik vaksin Covid-19 menjadi persoalan.

Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan , Budi Gunadi Sadikin. Kata dia, jumlah vaksin Covid-19 yang ada saat ini terbatas. "Kita paling besar di bulan April, kita hanya ada 7,6 juta (dosis vaksin) karena yang ini (vaksin AstraZeneca ) jadi hilang," kata Budi dalam konferensi pers virtual, Sabtu (27/3/2021).

Dia menjelaskan, tertundanya pengiriman vaksin AstraZeneca karena pemerintah India melarang vaksin tersebut didistribusikan sementara waktu. Hal ini karena angka positif virus Corona di negara tersebut melonjak tajam.

"Saat ini, jadwalnya dapat vaksin gratis dari COVAX/GAVI, AstraZeneca gratis 1,1 juta, rencanya dapat 2,5 juta pada 22 Maret, kemudian April 7,8 juta. Tetapi pending karena ada isu India embargo," ungkap Budi.



Dia menjelaskan, vaksin AstraZeneca paling besar dibuat di India. Dengan adanya embargo ini, COVAX/GAVI kemudian merealokasi lagi pembagian vaksin. "Mereka baru bisa bilang ini dikirim ke Mei," jelasnya.

Budi lebih lanjut menyatakan, bahwa sejauh ini dari 21 juta dosis vaksin dari Sinovac yang dikirim, 20 juta sudah didistribusikan ke seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Kemudian dari provinsi mendistribusikan lagi 13 juta ke daerah.

"Mereka simpan 7 juta umumnya untuk stok suntikan kedua di provinsi," sebutnya.

Sejauh ini kecepatan penyuntikan per hari mencapai 500.000 dosis dan kemungkiman naik 600.000 dosis. Ditundanya pengiriman AstraZeneca lantas membuat penyuntikan ini diperlambat.

Sebab dengan sisa sekitar 7,6 juta dosis vaksin, artinya akan habis dalam waktu 15 hari pada April.

"Sekarang kita lagi memikirkan bagaimana bisa mengatasi isu logistik ini. Masalah kita bukan di kapasitas penyuntikan. Kenapa kita pelan, karena kita atur supaya pas dengan suplai vaksin, sehingga tidak ada hari orang tidak bisa disuntik," pungkas Budi.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)