Hujan Sebentar, Ratusan Rumah di Pangkalpinang Langsung Terendam Banjir

Jum'at, 26 Maret 2021 - 07:40 WIB
loading...
Hujan Sebentar, Ratusan Rumah di Pangkalpinang Langsung Terendam Banjir
Hujan deras yang mengguyur Kota Pangkalpinang dan sekitarnya dengan durasi tak lama, Kamis (25/3/2021) sore, mengakibatkan rumah warga terendam banjir. iNews/Haryanto
A A A
PANGKALPINANG - Hujan deras yang mengguyur Kota Pangkalpinang dan sekitarnya dengan durasi tak lama, Kamis (25/3/2021) sore, mengakibatkan rumah warga terendam banjir termasuk beberapa ruas jalan. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Belitung (Babel) mencatat ada sekitar 140 rumah terdampak banjir.

Kepala BPBD Babel, Mikron Antariksa mengatakan, ketinggian air yang masuk ke dalam bervariasi tergantung letak daerah tersebut. "Hujan deras yang terjadi sekitar pukul 14.30 tadi mengakibatkan air meluap ke rumah warga dan merendam beberapa rumah warga sekitar dengan ketinggian 30-60 cm," kata Mikron.

Banjir itu, tutur dia, terjadi di empat RT di Kelurahan Keramat, Kecamatan Rangkui, Pangkalping. RT yang terdampak yakni RT.001, RT.006, RT.007, dan RT.009 yang letaknya dekat dengan Kolong Nangka. "RT. 06 diperkirakan sekitar 65 rumah, RT. 07 45 rumah, RT 09 diperkirakan 20 rumah dan RT 01 ada 10 rumah," ujarnya.

Selain memberi dampak banjir pada rumah warga, hujan deras juga menggenangi sejumlah ruas jalan di Kota Pangkalpinang. Rata-rata daerah yang tergenang merupakan langganan saat hujan deras.

"Sejumlah jalan yang tergenang air terjadi di jalan Theresia, Kelurahan Bntang dengan ketinggian air 30-50 cm. Jalam H. Jumat Yahya, Kelurahan Bukit Sari, ketinggian air 20-40 cm dan Gang Ikhlas, Kacang Pedang. ketinggian 30-50 cm," ucap Mikron. Baca: Kisah Penerima Bansos di Bandung Bikin Ridwan Kamil Terharu.

Untuk menanggulangi persoalan klasik tersebut, sejumlah personil telah dikerahkan leloksi. Seperti unsur BPBD kota Pangkalpinang, anggota Basarnas, Polri dan RT/RW dan masyarakat sekitar. Beruntung air cepat surut, seiring rendanya hujan.

"Tim BPBD kota Pangkalpinang turun kelokasi kejadian untuk mendata dan membantu warga mengevakuasi barang-barang. Serta membantu membersihkan rumah warga dari sisa-sisa banjir," pungkasnya. Baca Juga: Tragis, Pria Pembawa Gerobak di Cilacap Tewas Ditabrak Pengendara Motor.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)