Gempar, Ini Penampakan Uang Kertas Kuno Bergambar Wayang Seharga Rp1,5 Miliar

Kamis, 25 Maret 2021 - 20:06 WIB
loading...
Gempar, Ini Penampakan Uang Kertas Kuno Bergambar Wayang Seharga Rp1,5 Miliar
Kolektor uang kuno, Ali Budiono, menunjukkan uang seri wayang di stand pameran di Ciputra World Surabaya, Kamis (25/3/2021). Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Puluhan orang dari komunitas jadulan dan antikan menggelar pameran dan bursa barang kuno di Atrium Ciputra World Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/3/2021). Pameran yang dihelat oleh Suroboyo Vintage Community dan dilaksanakan hingga 4 April 2021 tersebut untuk membangkitkan kembali ekonomi kreatif komunitas jadulan dan antikan.

Baca juga: Heboh Uang Kuno Bergambar Presiden Soekarno, Warga Pematangsiantar Ini Memilikinya

Para kolektor dari Bekasi, Jakarta, Bali, Malang, Surabaya dan Sidoarjo mengusung beragam barang antik dan jadul seperti uang kuno, filateli, dokumen, arsip, foto-foto lama, boneka jaman Belanda yang terbuat dari keramik, guci dari China tahun 1980-an dan sebagainya.

Baca juga: Bukan Sulap Bukan Sihir, Ini Penyebab Uang Soekarno Bisa Melengkung Sendiri

Dari sederet barang langka, terdapat koleksi uang kuno yang cukup menyita perhatian, yaitu uang Gulden bergambar wayang. Uang itu merupakan uang cetakan Belanda untuk terakhir kalinya sebelum angkat kaki dari Indonesia. Yang membuat pengunjung kaget, koleksi uang seri wayang terbitan tahun 1938 milik kolektor Ali Budiono ini harganya cukup fantastis yakni Rp1,5 miliar.

Menurut Budiono, uang seri wayang sengaja diterbitkan oleh Belanda untuk meraih simpati rakyat Indonesia. "Jadi menjelang Belanda jatuh untuk menarik simpati rakyat Indonesia, mereka menerbitkan uang seri wayang," katanya.

Dibalik uang seri wayang ini terdapat 4 bahasa yang terdiri dari bahasa China, Jawa, Belanda dan bahasa Arab. Penggagas Suroboyo Vintage Community ini menjelaskan, yang membuat uang seri wayang mahal adalah nominalnya. Mulai 200 Gulden, 500 Gulden dan 1.000 Gulden.

Sayangnya, kolektor asal Surabaya ini tidak berniat menjual kolekinya. Padahal sudah banyak yang berminat. "Koleksi ini kalau dilepas sekarang langsung lalu. Ini yang 1.000 Gulden aja sudah ditawar 800 juta sama kolektor Jakarta. Cuma saya enggak lepas. Soalnya kalau cari enggak dapet lagi, karena saya memang kolektor uang kuno," terangnya.

Dia bercerita, sebelum uang Wayang, Belanda pernah menerbitkan uang seri Coen bergambar Jan Pieterszoon Coen. Jan dalah Gubernur Jenderal wilayah kongsi Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) yang keempat dan keenam. "Jadi seri wayang ini uang terakhir yang dikeluarkan oleh Belanda di Indonesia," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)