Kueh Moaci Gemini, Cemilan Oleh-oleh Legendaris Asal Semarang

Minggu, 21 Maret 2021 - 13:24 WIB
loading...
Kueh Moaci Gemini, Cemilan Oleh-oleh Legendaris Asal Semarang
Kueh Moaci Gemini, Cemilan Oleh-oleh Legendaris Asal Semarang. Foto/Ist
A A A
SEMARANG - Berburu oleh-oleh khas merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan saat melakukan perjalanan ke suatu daerah. Sudah menjadi kebiasaan atau semacam tradisi, kalau habis liburan hampir setiap traveler selalu menyempatkan diri berbelanja oleh-oleh untuk keluarga, sanak saudara, teman, tetangga atau sekadar untuk kenang-kenangan.

Setiap daerah di Indonesia memiliki dan menawarkan berbagai produk olahan khas yang menjadi oleh-oleh wajib bagi para traveler. Tak heran jika di setiap kota wisata berjejeran aneka toko dan pusat oleh-oleh khas daerah yang terkenal. (Baca juga: 10 Oleh-Oleh Makanan Khas Indonesia Paling Populer )

Ada satu tradisi yang sampai sekarang tidak pernah dilewatkan saat berlibur ataupun pulang kampung pada hari raya, yakni berburu oleh-oleh. Tak lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan, bukan hanya sebagai cindera mata bagi orang terdekat, ternyata oleh-oleh juga menjadi pengingat akan tradisi suatu daerah. (Baca juga: Kunjungi Toko Oleh-oleh, Sandi Berikan Semangat Bertahan )

Berbicara tentang oleh-oleh, tentu di Indonesia ada banyak sekali makanan dan cinderamata yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas.

Setiap daerah memang memiliki beragam keistimewaan tersendiri, tak terkecuali Kota Semarang. Semarang menjadi salah satu kota di Indonesia dengan keragaman budaya Jawa dan Tionghoa yang mampu hidup berdampingan dengan harmonis.

Berawal mula dari tempat tinggal di daerah pecinan kota Semarang, Sri Harsini (Tjia Sien Nio) selama lebih dari 35 tahun telah menghadirkan cemilan khas Semarang bernama ‘Kueh Moaci Gemini’ yang dikenal dengan kultur Cina peranakan sebagai Cemilan oleh-oleh legendaris asli dari Kota Semarang. Cemilan ini terbuat dari adonan tepung ketan yang di dalamnya berisi kacang cincang dan gula, dengan cita rasa yang unik, enak dan tekstur kenyal serta harga terjangkau.

Lebih dekat, Kueh Moaci Gemini pertama kali dititipjualkan di toko-toko roti kecil di wilayah pecinan. Nama Kueh Moaci Gemini makin dikenal sejak didirikan pada tahun 1985 oleh Sri Harsini yang hingga kini diteruskan dr Hantanto sebagai snack, cemilan oleh-oleh khas dari Semarang. Ini berawal dari para tetangga yang mulai memesan untuk dimakan sendiri atau dibawa keluar kota untuk diberikan kepada keluarganya.

Kueh Moaci Gemini, hingga kini terus melakukan inovasi agar tetap dikenal dengan membuat ide-ide dalam membuat varian kue moaci dengan rasa yang beragam. Salah satunya dengan membuat moaci berbentuk bulat dan berbalut wijen, yang dahulunya, bentuk kue moaci tidak bulat seperti sekarang ini. Melainkan lonjong dan dipotong-potong beberapa bagian dengan hanya berbalut bubuk tepung dengan isi kacang.

Bubuk tepung dari Kueh Moaci Gemini yang menempel ketika dimakan dan membuat beberapa pelanggan tidak nyaman saat menikmati. Dari sinilah Sri Harsini membuat ide untuk membuat kue moci berbalut wijen. Pengembangan itu tidak membuat bibir ditempeli bubuk tepung.

Kue mochi atau Kueh Moaci Gemini khas Semarang ini khas dengan tekstur kenyal dan apabila digigit di dalamnya terdapat manis dan legit. Gurihnya dengan perpaduan kacang cincang beserta gula, sampai dengan sekarang Kueh Moaci Gemini dikenal sebagai cemilan legendaris khas Kota Semarang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3201 seconds (0.1#10.140)