Empat Kontainer Jahe Impor Terkontaminasi OPTK Dimusnahkan

Selasa, 23 Maret 2021 - 03:11 WIB
loading...
Empat Kontainer Jahe Impor Terkontaminasi OPTK Dimusnahkan
Empat kontainer jahe yang berasal dari Vietnam dan Myanmar dimusnahkan dengan menggunakan insinerator, Senin (22/3/21). (Ist)
A A A
KARAWANG - Empat kontainer jahe yang berasal dari Vietnam dan Myanmar dimusnahkan dengan menggunakan insinerator, Senin (22/3/21). Jahe tersebut dimusnahkan Badan Karantina Pertanian (Barantan) karena terkontaminasi Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK).

"Hasil laporan Balai Besar Karantina Tanjung Priok , empat kontainer berisi 108 ton jahe terkontaminasi OPTK dan busuk untuk segera dimusnahkan . Apalagi dalam jahe tersebut terdapat juga tanah asal," kata Kepala Barantan, Ali Jamil.

Menurut Ali, proses pemusnahan di lakukan di PT. Triguna Pratama Abadi karena Barantan belum memiliki alat pembakaran atau Insinerator. Seluruh biaya pemusnahan itu dibiayai oleh perusahaan eksportir. "Pemusnahan ini dilakukan oleh perusahaan yang memiliki alat pembakaran yaitu PT. Triguna Pratama Abadi di Karawang," katanya. Baca: Terduga Teroris yang Diamankan di Padangsidimpuan Pedagang Bakso.

Dikatakan, proses pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dan kemudian disemprot pestisida. Jahe tersebut bukan hanya terkontaminasi OPTK tapi juga mengandung tanah yang berdampak berbahaya bagi tumbuhan pertanian tersebut.

"Ini sangat berbahaya, karena tanah ini membawa banyak material berbahaya, bahkan kami menemukan beberapa serangga OPTK yang berkembang di dalam kontainer yang berisikan jahenya," pungkasnya. Baca Juga: Tawuran di Jalan Reda, Giliran Rumah Warga Dilempar Bom Molotov.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)