Geger! Wanita Melahirkan di Lorong Puskesmas Pesanggrahan Mojokerto

Senin, 22 Maret 2021 - 17:41 WIB
loading...
Geger! Wanita Melahirkan di Lorong Puskesmas Pesanggrahan Mojokerto
Warga Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto dihebohkan dengan kejadian wanita melahirkan di teras Puskesmas Pesanggrahan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Senin dini hari tadi (22/3/2021). Foto iNews TV/Sholahudin
A A A
MOJOKERTO - Warga Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto dihebohkan dengan kejadian wanita melahirkan di teras Puskesmas Pesanggrahan , Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto , Senin dini hari tadi (22/3/2021). Wanita tersebut adalah Umi Nurlaila (31) warga Desa Sawo, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto .

Saat melahirkan wanita ini hanya ditemani suaminya di teras puskesmas dan warga sekitar yang selesai menjalankan salat subuh di masjid setempat. Sehingga melahirkan di teras Puskesmas Pesanggrahan tanpa bantuan petugas bidan.

Sumarti salah satu warga mengatakan, saat itu dirinya sedang belanja dan mendengar jika ada wanita melahirkan di Lorong Puskesmas Pesanggrahan.

“Saat didatangi bayi tersebut sudah lahir dalam gendongan ayahnya. Saya bersama warga lainnya langsung memanggil Bidan Desa Pesanggrahan untuk membantu pertolongan,” kata Sumarti.



Pasca-melahirkan ibu dan bayi dalam perawatan di Ruang Persalinan Puskesmas Pesanggrahan dalam kondisi sehat. Bayi berjenis kelamin perempuan dengan berat 2,9 kilogram dan panjang 49 centimeter.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto Sujatmiko mengatakan, tidak unsur kelalaian dari para petugas. Karena Puskesmas Pesanggrahan bukan puskesmas rawat inap dan hanya rawat jalan.

“Saat persalinan-kan saat darurat namun pasien tidak tahu jika puskesmas tidak buka 24 jam meski BPJS tercatat disitu. Memang untuk kartu BPJS pasangan suami istri tercatat di Puskesmas Pesanggrahan. Mestinya dalam kondisi darurat pengguna kartu BPJS bisa digunakan di semua puskesmas maupun rumah sakit,” kata dia.



Pihak Dinkes mengapresiasi kinerja Bidan Desa Pesanggrahan yang memberikan pertolongan meski bukan di wilayahnya.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2746 seconds (0.1#10.140)