Pameran hingga Pemutaran Film Jadi Rangkaian 100 Tahun Usmar Ismail

Sabtu, 20 Maret 2021 - 18:25 WIB
loading...
Pameran hingga Pemutaran Film Jadi Rangkaian 100 Tahun Usmar Ismail
Usmar Ismail. Foto: Wikicommon
A A A
MAKASSAR - Rumata’ ArtSpace (Makassar), Kinosaurus/Kolektif (Jakarta), dan SAKO Academy (Bukittinggi) bakal bekerja sama menggelar peringatan 100 tahun Usmar Ismail. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara luring dan daringmulai20hingga 30 Maret 2021.

Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam satu rangkaian acara yang terdiri dari pameran Usmar Bukittinggi, pemutaran film daring dan pembacaan konteks karya Usmar Ismail, diskusi panel mengenai sejarah pemikiran dan penciptaan Usmar Ismail, dan konferensi pers.

Menko Airlangga: Pemerintah Dukung Industri Perfilman dan Kampanye Nonton di Bioskop dengan Aman

Kegiatan ini juga mendapat dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru.

Dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Pameran Usmar Bukittinggi disebutkan bertujuan memperkenalkan Usmar Ismail dan karya filmnya kepada masyarakat kota kelahirannya, Bukittinggi. Pameran ini akan dilaksanakan di Parakoffie, Bukittinggi, dan akan menampilkan cuplikan karya-karya Usmar Ismail disertai catatan dari para pembuat film masa kini tentang warisan pemikirannya.

Kegiatan pemutaran film Usmar Ismail akan dilakukan di acara Film Musik Makan (Kinosaurus/Kolektif) tanggal 27 Maret- 4 April 2021, secara virtual (daring) agar dapat diakses oleh penonton di berbagai wilayah nusantara. Begitu pun dengan pembacaan tulisan-tulisan Usmar Ismail, yang dilaksanakan untuk menunjukkan konteks penciptaan dan semangat zamannya.



Akan ada enam sesi diskusi panel dengan 28 pembicara yang akan berlangsung diYoutube Rumata’ ArtSpace. Tema-temanya yakni “Usmar dan PandangannyaTentang Industri Film”, diisi oleh Edwin Nazir, Mira Lesmana, JB Kristanto dan Manshur Zikri.

Kemudian “Usmar dan Aspek Teknis Film-Filmnya” oleh Edwin, Aline Jusria, Slamet Rahardjo, Vera Lestafa dan Alexander Matius. Lalu “Usmar dan Struktur Cerita dalam Film-Filmnya”, dengan pembicara, Salman Aristo, Prima Rusdi, Alwi Dahlandan Riri Riza.



Selain itu ada “Minangkabau dalam Ekspresi Usmar Ismail”, diisi oleh Nia Dinata, Arief Malinmudo, Heidy Ismail dan Lisabona Rahman. “Usmar Ismail Mise enScene”, dengan para pembicara, Sha Ine Febriyanti, Ifa Isfansyah, Adriyanto Dewo, Lie Indra Perkasa, Intan Paramaditha dan Umi Lestari. Terakhir, “Jalur Perfini”, yang akan diisi oleh Akhlis Suryapati, Feranda Aries, Yosep Anggi Noen, M. Irfan Ramli dan Eric Sasono.

"Kunjungi akun Youtube Rumata’ ArtSpace di bit.ly/rumata_youtube untuk menyaksikan seluruh rangkaian panel diskusi pada tanggal 20-30 Maret 2021. Informasi tentang 100 Tahun Usmar Ismail bisa dipantau secara berkala di akun Instagram @100tahun_usmarismail. Kegiatan ini terbuka untuk umum," bunyi siaran pers yang diterima SINDOnews, Sabut (20/3/2021).
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)