Bola Soba Rumah Adat di Bone Hangus Terbakar

Sabtu, 20 Maret 2021 - 14:46 WIB
loading...
Bola Soba Rumah Adat di Bone Hangus Terbakar
Rumah adat Bola Soba yang merupakan bangunan bersejarah di Jalan Ratulangi, Kelurahan Manurunge, Kecamatan Tanete Riattang, Bone Sulawesi Selatan ludes terbakar, Sabtu (20/3/2021). Foto iNews TV/Bulan Sri
A A A
BONE - Rumah adat Bola Soba yang merupakan bangunan bersejarah di Jalan Ratulangi, Kelurahan Manurunge, Kecamatan Tanete Riattang, Bone Sulawesi Selatan ludes terbakar, Sabtu (20/3/2021). Api dengan cepat menghanguskan seluruh bangunan Bola Soba yang terbuat dari kayu.
Belum diketahui pasti penyebab kebakaran yang terjadi mulai Subuh tersebut.
Bola Soba Rumah Adat di Bone Hangus Terbakar

Kepala Bidang Operasi Dinas Pemadam Kebakaran Bone Andi Akbar mengatakan, kebakaran yang terjadi tersebut berawal dari bagian belakang rumah api dengan cepat menjalar ke seluruh bangunan lantaran bangunan tersebut terbuat dari kayu.

Baca: Hendak Isi BBM, Mobil Ini Diusir Petugas SPBU Lalu Meledak dan Terbakar

“Enam unit mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan ke tempat kejadian memadamkan api yang menghanguskan rumah yang menjadi kebanggaan orang bone tersebut hanya dalam waktu setengah jam,” kata dia.

Namun Andi Akbar belum bisa merinci besarnya kerugian yang disebabkan oleh kebakaran tersebut bahkan belum mengetahui pasti penyebab kebakaran. Dia menyerahkan penyelidikannya pada pihak kepolisian.

Sementara salah seorang anggota sanggar seni Pado mengatakan, bahwa saat dia duduk di warkop yang tak jauh dari Bola Soba. Tiba-tiba ada warga lewat dan berteriak jika Bola Soba terbakar dia sangat kaget dan langsung lari ke sana.

“Saya langsung naik ke rumah dan berhasil menyelamatkan sebuah lemari dan payung namun tidak sempat lagi mengambil barang-barang dan alat-alat musik yang ada di bagian belakang karena api sudah membesar di bagian belakang rumah,” timpalnya.

Polisi yang datang ketempat kejadian langsung melakukan identifikasi dan memberi garis Polisi

Baca juga: 3 Kali Isi Pertalite, Secara Misterius Angkot Terbakar dan Jalan Sendiri di SPBU Buring


“Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut namun kejadian ini membuat bangunan kokoh yang kerap digunakan oleh group-group seni di Bone ini tinggal puing-puing,” tandasnya.
(sms)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1636 seconds (10.177#12.26)