Dongkrak Wisata Situ Bagendit, Warga Dilatih Kuasai Bahasa Asing

Jum'at, 19 Maret 2021 - 07:07 WIB
loading...
Dongkrak Wisata Situ Bagendit, Warga Dilatih Kuasai Bahasa Asing
Peluncuran gerakan English for Local Community and Hospitality (Tourism) di Situ Bagendit, Garut, Jawa Barat. Foto/Ist
A A A
GARUT - Guna meningkatkan pariwisata di Situ Bagendit, Garut, Jawa Barat, masyarakat di sekitarnya dilatih menguasai bahasa asing dan pengelolaan penginapan.

Baca juga: Ridwan Kamil Optimistis Pariwisata Jabar Lebih Cepat Pulih dari Bali

Pelatihan ini dirintis komunitas Movement Society yang meluncurkan gerakan English for Local Community and Hospitality (Tourism). Komunitas ini bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pelatihan bahasa Inggris dan hospitality (tourism) terhadap masyarakat di kawasan Situ Bagendit.

Baca juga: Terapkan Prokes Ketat, Event Pariwisata Jabar 2021 Usung Konsep Virtual

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Situ Bagendit sebagai objek wasata kelas internasional yang telah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,” kata Ketua Movement Society Irfan Apriansyah, Kamis (19/3/2021).

Dia menyebut, untuk mewujudkan harapan tersebut tidak cukup dengan pembangunan infrastuktur, tetapi harus dibarengi dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata. Di antaranya dengan pelatihan bahasa Inggris bagi masyarakat dan pelaku pariwisata Situ Bagendit serta pelatihan hospitality yang akan dilaksanakan selama sepuluh bulan ke depan.

“Harapan kami setelah dilaksanakan kegiatan ini, masyarakat sekitar kawasan situ bagendit dapat betul-betul menikmati pembangunan pariwisata bagendit,” ujarnya.

Ketua Yayasan Indonesian Human Development Institute, Yaman Suryaman menyemangati para volunteer yang berasal dari mahasiswa IPI dan Universitas Garut agar tidak tergantung pada pemerintah dan menunjukan dulu action dan karya yang dibuat.

Yaman juga menyatakan bahwa latar belakang pendidikan tidak mempengaruhi kemampuan dalam menguasai bahasa Inggris. “Sehingga kegiatan ini bisa dinikmati seluruh kalangan masyarakat Situ Bagendit,” katanya.
(shf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1650 seconds (10.101#12.26)