60 Desa Terpencil di Jabar Dapat Akses Internet Gratis

Kamis, 18 Maret 2021 - 07:26 WIB
loading...
60 Desa Terpencil di Jabar Dapat Akses Internet Gratis
BANDUNG - 60 desa di Jawa Barat mendapatkan akses internet gratis untuk menunjang berbagai kegiatan ekonomi dan belajar. (Ist)
A A A
BANDUNG - 60 desa di Jawa Barat mendapatkan akses internet gratis untuk menunjang berbagai kegiatan ekonomi dan belajar. Mayoritas desa yang mendapat internet gratis berada di daerah terpencil dengan pendapatan rendah.

Menurut Menurut Executive Vice President Telkom Regional 3 Jawa Barat Sujito, desa-desa tersebut berada di daerah terpencil dan tertinggal dengan jaringan internet terbatas. Yakni, tersebar di berbagai wilayah Jabar, termasuk di Karawang, Cirebon, Tasikmalaya, juga kawasan Jabar Selatan.

Mereka mendapatkan akses internet gratis Telkom berdasarkan kriteria income per kapita dan populasi pelajar. Selain itu juga desa yang memenuhi kriteria 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal).

“Mereka mendapat akses internet dari kami, yaitu yang income per kapitanya terbatas, penghasilan masyarakatnya sebagian besar tidak mencukupi, tapi dengan kebutuhan internet untuk belajar yang cukup masif,” kata Sujito.

Telkom, kata dia, menyediakan titik hot spot yang bisa diakses masyarakat secara gratis. Selain itu juga disediakan Indihome Study, ruang belajar virtual untuk SD sampai SMA, juga gratis. “Ini adalah bentuk dukungan Telkom untuk masyarakat Jabar yang tidak mampu agar bisa tetap mengakses pendidikan secara merata, khususnya secara virtual, di masa pandemi ini,” papar Sujito.

Sementara itu, sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan Indihome di kawasan perkotaan, pada Maret-April ini Telkom Jabar akan menggelar IndiHome DigiBike 2021. Kegiatan digelar untuk mengajak masyarakat menjaga kesehatan dan kebugaran selama pandemic Covid-19 menggunakan sepeda.

IndiHome DigiBike Jabar 2021 ini dibagi menjadi 2 (dua) kategori jarak tempuh yaitu Sport (100 Km) dan Fun (50 Km). Penyelenggaraannya dibatasi di wilayah Telkom Regional 3 Jawa Barat (diluar Bogor, Depok, dan Bekasi). Baca: Gayo Lues Aceh Gempar! Kades Terkapar Ditembak di Bagian Perut oleh Orang Tak Dikenal.

“Untuk kategori Sport, akan dilombakan dan dipilih 3 peserta terbaik berhadiah jutaan rupiah. Selain itu, peserta dari kedua kategori juga bisa mengikuti photo contest dengan banyak doorprize menarik,” katanya.

Dalam ajang lomba sepeda virtual ini peserta bisa mengikuti lomba di tempat yang berbeda di wilayah Jabar. Pendaftaran dimulai tanggal 18 – 28 Maret 2021. Sementara IndiHome DigiBike Jabar 2021 sendiri akan berlangsung selama 2 pekan. Baca Juga: Berlagak Sok Jagoan Bersenjata Pistol Revolver, Jekri Dijebloskan ke Tahanan.

“Event ini sekaligus mengajak pecinta sepeda untuk bersama-sama melakukan gaya hidup aktif melalui olah raga sepeda, baik di dalam maupun di luar ruangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan terkait physical distancing demi mengurangi risiko penularan Covid-19,” paparnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)