Fasilitasi Anggota untuk Membuat Paspor, Forkas Dukung Upaya Imigrasi Naikkan PNBP

Selasa, 16 Maret 2021 - 07:55 WIB
loading...
Fasilitasi Anggota untuk Membuat Paspor, Forkas Dukung Upaya Imigrasi Naikkan PNBP
Forkas Jatim menggelar pembuatan dan perpanjangan paspor secara kolektif di Gedung Kencana, Jalan Bubutan.
A A A
SURABAYA - Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha ( Forkas ) Jawa Timur mengadakan pembuatan dan perpanjangan paspor secara kolektif di Gedung Kencana, Jalan Bubutan, Kota Surabaya, Senin (15/3/2021).

Hal itu disambut positif dari Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi ( TPI) Surabaya, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari biaya pengurusan paspor yang drop akibat pandemi di 2020.

Baca juga: Gandeng Kampus, Fraksi PDIP DPRD Jatim Dorong Anggotanya Tingkatkan Kompetensi Akademik

Ketua Umum Forkas Jatim Eddy Widjanarko, mengatakan, kegiatan ini dilakukan selama dua hari. Pertama pada Jumat (12/3/2021) dan Senin (15/3/2021). "Kegiatan ini untuk memberi kemudahan anggota Forkas untuk melakukan perpanjangan dan pembuatan paspor baru," kata Eddy.

Selama dua hari pelaksanaan, anggota Forkas yang melakukan pengurusan disini, adalah pengisian. Kemudian paspor akan selesai di tiga hari kerja selanjutnya. Paspor yang sudah jadi nantinya bisa diambil secara perwakilan atau bisa juga dikirim ke rumah melalui jasa PT Pos Indonesia.

Paspor merupakan dokumen negara yang harus dibawa saat melakukan perjalanan keluar negeri. Pelaksanaan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Dengan dibagi menjadi empat sesi. Dua sesi dilaksanakan pada Jumat, pada Senin.

Baca juga: Nganggur Dampak Pandemi COVID-19, Warga Tulungagung Edarkan Uang Palsu

Pada hari Jumat (12/3/2021), dari 60 orang, yang hadir sebanyak 58 orang. Sedangkan pada Senin (15/3/2021), sudah 53 orang yang melakukan pendaftaran paspor. Imigrasi menyiapkan empat meja khusus untuk melayani calon pendaftar paspor. Sementara panitia menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mengantisipasi penularan COVID-19.

Para pendaftar diperiksa suhunya sebelum masuk ke ruang pendaftaran. Setelah itu, ada petugas yang memberi sarung tangan, face shield, dan tempat duduk antrian yang sudah di-setting jaga jarak. Lama antrian hingga penyelesaian administrasi sekitar 10-15 menit. "Program ini akan dilanjutkan hingga enam bulan ke depan atau setidaknya 600 orang sudah memiliki paspor," ujar Eddy.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Is Edy Ekoputranto mengatakan, selama pandemi, ada penurunan pengurusan paspor yang sangat signifikan. Bila sebelum pandemi bisa mencapai 150-200 orang per hari, selama pandemi atau tahun 2020 saja, per hari hanya sekitar 20 orang. "Karena itu dengan menggandeng Forkas, kami cukup terbantu untuk meningkatkan pendapatan PNBP yang anjlok drastis karena pandemi," katanya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2992 seconds (0.1#10.140)