Gandeng Kampus, Fraksi PDIP DPRD Jatim Dorong Anggotanya Tingkatkan Kompetensi Akademik

Selasa, 16 Maret 2021 - 06:29 WIB
loading...
Gandeng Kampus, Fraksi PDIP DPRD Jatim Dorong Anggotanya Tingkatkan Kompetensi Akademik
Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim, Sri Untari Bisowarno (tengah) saat menerima tim dari Untag di ruang Fraksi PDIP DPRD Jatim.
A A A
SURABAYA - Fraksi PDIP DPRD Jawa Timur (Jatim) menggandeng Universitas 17 Agustus 45 (Untag) Surabaya guna meningkatkan kualitas akademis anggotanya.

“Untuk meningkatkan kemampuan akademik dan kompetensi anggota Fraksi PDIP dalam pengawasan DPRD, saya undang Tim Untag Surabaya untuk paparan akademik kelanjutan S2 dn S3,” ungkap Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim, Sri Untari Bisowarno usai menerima tim dari Untag di ruang Fraksi PDIP DPRD Jatim (15/3/2021).

Untari mengatakan, Partainya ingin meningkatkan kualitas anggota fraksi dengan mendorongnya sekolah lagi ke jenjang yang lebih tinggi. “Harapannya kalau DPRD provinsi minimal S2. Untuk yang sudah S2 diharapkan bisa S3 agar makin banyak doktor di PDI Perjuangan,” jelasnya.

Baca juga: Nganggur Dampak Pandemi COVID-19, Warga Tulungagung Edarkan Uang Palsu

Dengan bekal akademik yang lebih meningkat, tambah Untari, nantinya ketika memberikan masukan kelegislasian bisa berdasarkan pertimbangan keilmuan yang basic akademisnya jelas. "Langkah ini sangat diperlukan bagi anggota dewan. Sebab, para anggota fraksi juga bisa dikatakan sebagai etalase partai," ujar Sekretaris DPD PDIP Jatim ini.

Pihaknya menggandeng Untag sebagai perguruan tinggi yang sudah punya nama di negeri ini, dan fakultasnya terakreditasi A. Ada beberapa jurusan untuk program S2 maupun S3 di Untag, yang dinilai sesuai dalam peningkatan kualitas akademik anggota dewan. "Seperti Magister Administrasi Publik, Magister Ilmu Hukum, atau Doktor Ilmu Ekonomi," katanya.

Tak hanya untuk meningkatkan akademik, lanjut Untari, Fraksinya mengundang Tim Untag juga untuk membangun sinergi antara lembaga legislatif dengan kalangan kampus. "Sehingga di legislatif akan banyak sumber-sumber, berbagai wacana yang bisa diterima, yang jadi referensi dasar dalam pengambilan keputusan fraksi misalnya," tandasnya.

Baca juga: Wacana Presiden Tiga Periode, Pengamat: Hambat Regenerasi Kepemimpinan Nasional

Sementara itu, Tim Untag Surabaya beranggotakan 4 orang dipimpin Wakil Rektor II Dr Abdul Malik mengapresiasi langkah yang diambil Fraksi PDIP DPRD Jatim. “Kami siap dengan apapun yang dibutuhkan teman-teman anggota dewan terkait peningkatan SDM, sehingga outputnya bisa lebih berkualitas,” ujar Abdul Malik.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2820 seconds (0.1#10.140)