Penampakan Desa Adat di Bangli Bali saat Pecalang Amankan Nyepi

Minggu, 14 Maret 2021 - 19:19 WIB
loading...
Penampakan Desa Adat di Bangli Bali saat Pecalang Amankan Nyepi
Suasana Nyepi di Kelurahan Bebalang, Kabupaten Bangli, Bali. Foto/iNews TV/Indira Arri
A A A
BANGLI - Umat Hindu di Bali hari ini merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1943. Seluruh umat Hindu diwajibkan melaksanakan catur bratha penyepian, Minggu (14/3/2021).

Baca juga: Umat Hindu Jalani Catur Brata Nyepi, Seluruh Bali Seperti Kota Mati

Seluruh aktivitas dihentikan dan warga tidak diperbolehkan keluar rumah. Hanya pecalang desa adat yang melakukan patroli mengamankan pelaksanaan Nyepi.

Baca juga: Hari Raya Nyepi, Bandara Ngurah Rai Bali Berhenti Operasi selama 24 Jam

Seperti di Kelurahan Bebalang, Kabupaten Bangli, di mana tampak hanya petugas pengamanan desa adat atau pecalang saja yang melakukan patroli keliling kampung.

Penampakan Desa Adat di Bangli Bali saat Pecalang Amankan Nyepi


Selain mengawasi warga agar tidak keluar rumah, pecalang juga mengawasi sejumlah tempat usaha yang ada di kawasan jalan protokol kabupaten, guna mencegah tindakan yang tak diinginkan.



Bendesa Desa Adat Bebalang Bangli, Sang Putu Teja mengatakan, pihaknya menyiagakan petugas keamanan adat atau pecalang dari enam banjar untuk berpatroli dalam dua sesi mengamankan Nyepi . “Sesi pagi dimulai pukul 06.00 Wita dan sore pukul 16.00 Wita,” katanya.

Sampai sejauh ini, pelaksanaan Nyepi di Bangli berlangsung aman dan lancar. Umat hindu melaksanakan catur brata penyepian yakni amati geni yakni tidak menyalakan api, amati lelungan yaitu tidak bepergian, amati karya yakni tidak bekerja, dan amati lelanguan yaitu tidak melaksanakan hiburan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)