Tolak Pemakaman dengan Protokol COVID-19, Keluarga di Indramayu Nekat Ambil Paksa Jenazah

Sabtu, 13 Maret 2021 - 00:43 WIB
loading...
Tolak Pemakaman dengan Protokol COVID-19, Keluarga di Indramayu Nekat Ambil Paksa Jenazah
Keluarga korban COVID-19 di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, nekat membawa pulang jenazah suspek COVID-19. Foto/iNews TV/Toiskandar
A A A
INDRAMAYU - Aksi mengambil paksa jenazah suspek COVID-19 terjadi di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Keluarga tersebut, menolak anjuran RSUD Indramayu untuk melakukan pemulasaraan jenazah dengan menerapkan protokol kesehatan.



Usai mengambil jenaza h secara paksa, keluarga almarhum membawa pulang jenazah menggunakan mobil bak terbuka ke wilayah Kecamatan Pasekan. Mengetahui hal tersebut, Satgas COVID-19 Kabupaten Indramayu, segera melakukan koordinasi dengan satgas di tingkat kecamatan, dan kembali membujuk keluarga demi alasan keselamatan.



Setelah diberi pengertian, prosesi pemakaman pun akhirnya dilakukan dengan protokol kesehatan walau sebagian tidak mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, karena banyaknya anggota keluarga yang ingin ikut serta memandikan dan memakamkan jenazah.



Kejadian ini, menurut Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, sangat disesalkan Satgas COVID-19 Kabupaten Indramayu. "Usai pemakaman, seluruh anggota keluarga langsung didata untuk dilakukan tracing dan testing," tegasnya.



Jenazah berstatus suspek COVID-19 , dan hasil tes usap pasien belum keluar. Untuk pemakaman jenazah yang mengalami gejala COVID-19 , pemulasaraan jenazah diharuskan sesuai protokol kesehatan untuk mengantisipasi terjadinya penularan COVID-19 .
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)