Gubernur Kalteng Dampingi Menhan Prabowo Subianto Tinjau Lokasi Pengembangan Food Estate Gunung Mas

Jum'at, 12 Maret 2021 - 17:21 WIB
loading...
Gubernur Kalteng Dampingi Menhan Prabowo Subianto Tinjau Lokasi Pengembangan Food Estate Gunung Mas
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mendampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja proyek Food Estate Kabupaten Gunung Mas.
A A A
GUNUNG MAS - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mendampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Gunung Mas. Kunjungan Menhan Prabowo Subianto kali ini untuk meninjau Lokasi pengembangan Food Estate komoditi singkong yang berada di Desa Tewaibaru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas.

Prabowo Subianto mengatakan, pembangunan Food Estate ini sudah menjadi Keputusan dari Presiden Republik Indonesia. Maksud dan tujuannya untuk mengatasi semua kemungkinan yang akan dihadapi bangsa Indonesia terkait krisis pangan dunia sebagai akibat dari pandemi yang terjadi saat ini. Menurutnya, kita tidak boleh tergantung kepada negara lain.

Saat berada di lokasi penanaman singkong, Menhan Prabowo mengutarakan kunjungannya kali ini sekaligus untuk menyerap aspirasi masyarakat setempat mengenai pengembangan food estate serta apa saja yang harus dipersiapkan agar pembangunan food estate di Kabupaten Gunung Mas berjalan dengan baik. Kebijakan ini sekaligus mendukung program cadangan pangan Strategis Nasional.
Gubernur Kalteng Dampingi Menhan Prabowo Subianto Tinjau Lokasi Pengembangan Food Estate Gunung Mas

Direncanakan lahan untuk pengembangan komoditi singkong di Kalteng seluas kurang lebih 1 juta hektare. Pengembangan komoditi singkong dimulai dari Kabupaten Gunung Mas.

Untuk 2021, pengembangan komoditi singkong di Kabupaten Gunung Mas kurang lebih 30.000 hektar. Saat ini, lahan sudah diolah seluas 634 hektar dan yang sudah ditanam singkong seluas 32 hektar.

Menhan Prabowo mengatakan, komoditi singkong dipilih untuk mendukung program cadangan pangan strategis nasional, karena singkong bisa menghasilkan sekian banyak turunan salah satunya mie, tapioka, dan mocaf.

Dalam kunjungan tersebut tampak hadir Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo dan Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Prov. Kalteng Sunarti.

Dari Pemerintah Kabupaten Gunung Mas hadir Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Gunung Mas Baryen serta Forkopimda setempat.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3765 seconds (0.1#10.140)