Petugas Pelayanan Publik Jadi Prioritas Vaksinasi Tahap Kedua di Jayapura

Jum'at, 12 Maret 2021 - 13:27 WIB
loading...
Petugas Pelayanan Publik Jadi Prioritas Vaksinasi Tahap Kedua di Jayapura
Vaksinasi tahap kedua di Kabupaten Jayapura dimulai sejak 9 Maret 2021 yang lalu, kata Kadinkes Kabupaten Jayapura Khairul Lie, Rabu (10/3/2021).
A A A
SENTANI - Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama di Kabupaten Jayapura telah selesai dilakukan Februari 2021 lalu.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Jayapura Khairul Lie. Dia mengatakan vaksinasi tahap kedua sudah dimulai awal Maret 2021.

Orang-orang yang diprioritaskan menerima vaksin tahap dua, kata Khairul, meliputi orang-orang yang bekerja di pelayanan publik, mulai dari TNI, Polri, ASN di bagian pelayanan publik, para pejabat publik, para guru, awak media, hingga sopir angkutan umum.

"Jadi untuk vaksinasi tahap kedua itu, kita prioritaskan kepada pejabat publik yang betul-betul berhubungan langsung dengan masyarakat. Tahap kedua kita sudah mulai tanggal 9 Maret kemarin. Misalnya di petugas bandara, itukan setiap hari mereka harus melayani masyarakat atau penumpang pesawat yang masuk keluar melalui bandara, itulah prioritas kita di tahap kedua ini," kata Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Jayapura, usai menghadiri pembukaan Jambore Kader PKK Distrik Nimboran, Rabu (10/3/2021).

Khairul Lie mengatakan, selain memproritaskan petugas pelayanan publik, pihaknya berencana memulai program vaksinasi Covid-19 tahap kedua ini untuk sopir angkutan umum.

"Kemudian kita juga sedang memprioritaskan kepada sopir-sopir taksi, itu setiap hari mereka juga melayani penumpang, ini kan bergantian penumpangnya setiap hari dan melayani penumpang dalam ruang terbatas. Sementara di pegawai, kita prioritaskan kepada ASN yang ada di Disdukcapil, itukan setiap hari mereka melayani masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan dan masyarakat setiap hari datang ke kantor Capil dan prioritas untuk pegawai Dinas PTSP," katanya.

Guru merupakan kalangan yang harus diutamakan. Karena mereka sudah mulai mengajar. Beberapa wilayah di Kabupaten Jayapua memang sudah masuk status zona hijau hingga banyak sekolah yang mulai membuka pembelajaran tatap muka. "Di tahap kedua ini juga kepada polisi dan tentara. Termasuk juga wartawan itu, prioritas kita di tahap ini. Karena dia juga setiap hari harus kesana-kemari mencari berita, dan bertemu dengan narasumber yang berbeda-beda," katanya.

Program vaksinasi tahap dua, kata Khairul, berlangsung sejak awal Maret 2021 dan diharapkan selesai tepat waktu pada April atau Mei 2021. "Seiring pada bulan depan, kita akan memulai juga tahapan untuk masyarakat lainnya pada tahun ini," ujarnya.

(CAPTION FOTO): Khairul Lie, Kepala Dinas Kesehatan dan Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Jayapura.

Sentani Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama di Kabupaten Jayapura telah selesai dilakukan Februari 2021 lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4796 seconds (0.1#10.140)