Ridwan Kami: Apartemen Ayam 4.0! Tinggal di Desa, Rejeki Kota Bisnis Mendunia

loading...
Ridwan Kami: Apartemen Ayam 4.0! Tinggal di Desa, Rejeki Kota Bisnis Mendunia
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menggagas peternakan ayam modern yang disebut Apartemen Ayam 4.0. Dimana ini merupakan salah satu terobosan mengatasi sempitnya lahan usaha khususnya di sektor peternakan. Foto IG Ridwan Kamil
BANDUNG - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menggagas peternakan ayam modern yang disebut Apartemen Ayam 4.0. Dimana ini merupakan salah satu terobosan mengatasi sempitnya lahan usaha khususnya di sektor peternakan.

Kang Emil menyebut, hal itu sesuai semangat zaman baru yang harus melek teknologi. Dimana apartemen atau yang biasa disebut kandang ayam ini menempati lahan kecil 100 meter untuk 5.000 ayam potong. Apartemen ayam tersebut dibuat dengan struktur lima lantai.

"Modal Rp148 juta, per bulan penghasilan Rp10-20 juta," kata Ridwan Kamil, saat berkunjung ke Apartemen Ayam di Kabupaten Bandung, Minggu (7/3/2021).

Ridwan Kamil mengatakan bahwa minggu depan akan diumumkan yang lolos program Petani Milenial 4.0 ini.

Baca juga: Berkunjung ke Bandung, Ridwan Kamil Pamer Apartemen Ayam



Menurut dia, banyak sekali yang mendaftar tapi dari luar Jawa Barat atau tidak memenuhi syarat.

"Ada sekitar 4000-an sehingga belum bisa kami terima. Insya Allah kita promosikan di provinsi lain dengan konsep yang sama. Tinggal di desa, rejeki kota, bisnis mendunia," ucap dia.

Dalam kunjungannya ke peternakan ayam di Kabupaten Bandung itu, Ridwan Kamil datang bersama istri, Atalia Kamil.

"Minggu pagi ini mengecek apartemen ayam potong di Kabupaten Bandung. Bagian dari program Petani Milenial 4.0 untuk genre peternak," ucapnya.

Baca juga : Jabar Butuh 400 Apartemen Ayam Demi Penuhi 2 Juta Ekor Ayam



Menurut dia, apartemen ayam tersebut dikerjakan dengan sistem digital. Makanan, minuman dan kotoran semua serba mekanis yang dikontrol via handphone dengan internet of things (IOT).
(sms)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top