Awas, Penderita Ispa di Pontianak Meningkat Akibat Kabut Asap Karhutla

loading...
Awas, Penderita Ispa di Pontianak Meningkat Akibat Kabut Asap Karhutla
Penderita Infeksi Saluran Pernapasan Atas (Ispa) di Kota Pontianak, mulai mengalami peningkatan sebagai dampak munculnya kabut asap. Foto/iNews TV/Uun Yuniar
PONTIANAK - Jumlah kunjungan pasien penderita Infeksi Saluran Pernapasan Atas (Ispa) di sejumlah fasilitas kesehatan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, mulai meningkat. Kondisi ini disebabkan dampak dari terjadinya kabut asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) .

Baca juga: Naik Trail, Kapolda dan Pangdam Pantau Langsung Titik Karhutla di Kubu Raya

Salah satu Puskesmas di pusat Kota Pontianak, pada Kamis (4/3/2021) siang, mulai dipadati oleh pasien yang memeriksakan diri lantaran mengeluhkan batuk dan sesak napas . Dalam sehari, Puskesmas bisa melayani 50-70 pasien yang mengeluhkan gejala Ispa .





Penderita ispa ini sendiri didominasi oleh orang dewasa, Kepala Puskesmas Kampung Bali, Popong Solihat mengatakan, ini baru data yang tercatat saja dari jumlah pasien yang berkunjung. "Tidak menutup kemungkinan ada warga yang terkena Ispa , namun enggan memeriksakan dirinya ke fasilitas kesehatan," tuturnya.

Baca juga: Buton Selatan Gempar, Remaja SMP Usia 14 Tahun Nikahi Remaja Putri Berusia 16 Tahun

Untuk itu, dia mengimbau agar warga selalu menggunakan masker , dan membatasi aktivitas di luar rumah selama terjadi kabut asap pekat akibat karhutla. Hal ini untuk meminimalisir warga agar tidak terserang Ispa .
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top