Awas, Penderita Ispa di Pontianak Meningkat Akibat Kabut Asap Karhutla

Kamis, 04 Maret 2021 - 19:10 WIB
loading...
Awas, Penderita Ispa di Pontianak Meningkat Akibat Kabut Asap Karhutla
Penderita Infeksi Saluran Pernapasan Atas (Ispa) di Kota Pontianak, mulai mengalami peningkatan sebagai dampak munculnya kabut asap. Foto/iNews TV/Uun Yuniar
A A A
PONTIANAK - Jumlah kunjungan pasien penderita Infeksi Saluran Pernapasan Atas (Ispa) di sejumlah fasilitas kesehatan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, mulai meningkat. Kondisi ini disebabkan dampak dari terjadinya kabut asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) .



Salah satu Puskesmas di pusat Kota Pontianak, pada Kamis (4/3/2021) siang, mulai dipadati oleh pasien yang memeriksakan diri lantaran mengeluhkan batuk dan sesak napas . Dalam sehari, Puskesmas bisa melayani 50-70 pasien yang mengeluhkan gejala Ispa .



Penderita ispa ini sendiri didominasi oleh orang dewasa, Kepala Puskesmas Kampung Bali, Popong Solihat mengatakan, ini baru data yang tercatat saja dari jumlah pasien yang berkunjung. "Tidak menutup kemungkinan ada warga yang terkena Ispa , namun enggan memeriksakan dirinya ke fasilitas kesehatan," tuturnya.



Untuk itu, dia mengimbau agar warga selalu menggunakan masker , dan membatasi aktivitas di luar rumah selama terjadi kabut asap pekat akibat karhutla. Hal ini untuk meminimalisir warga agar tidak terserang Ispa .
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)